Senin 28 Aug 2023 02:57 WIB

Bagaimana Cara Menonaktifkan atau Menghapus Akun Facebook Anda?

Ada pula cara menghapus atau menonaktifkan akun Facebook dari komputer.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Yusuf Assidiq
Facebook (ilustrasi
Foto: BLOOMBERG
Facebook (ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Facebook adalah kekuatan besar di dunia media sosial dan telah berlangsung selama hampir dua dekade. Namun, jika Anda ingin menjauhkan diri dari Facebook, menghapus akun Anda adalah cara cepat dan permanen untuk memutuskan hubungan.

Dilansir Insider, Ahad (27/8/2023), Anda dapat menonaktifkan akun Anda untuk sementara jika ingin istirahat dari platform ini. Jika sudah lama menggunakan Facebook, Anda mungkin ingin menyimpan semua foto, video, dan pesan Anda.

Untungnya, media sosial itu memungkinkan Anda mengunduh semua ini sebelum Anda menghapus akun Anda. Setelah siap, berikut cara menghapus – atau menonaktifkan – akun Facebook Anda menggunakan aplikasi seluler di ponsel atau situs web di komputer Anda.

Pertama, buka aplikasi Facebook. Kedua, ketuk tombol 'menu' di pojok kanan bawah layar. Ketiga, gulir ke bawah ke Settings & Privacy. Jika Anda melihat Accounts Center tercantum, lanjutkan ke akhir bagian ini. Jika tidak, buka bagian tersebut dengan mengetuk carrot ke bawah. Lalu, ketuk Settings.

Keempat, ketuk Access and Control. Kelima, ketuk Deactivation and Deletion. Keenam, pilih antara Deactivate account atau Delete account, tergantung pada apa yang ingin Anda lakukan. Kemudian klik tombol lanjutkan berwarna biru.

Jika Anda melihat Accounts Center tercantum di Settings & Privacy, ketuk See more in Accounts Center, lalu Personal details, dan Account ownership and control. Mulai saat ini dan seterusnya, ikuti langkah lima dan enam.

Jika, pada tahap ini, Anda memilih untuk menghapus akun Anda, Anda akan diberikan opsi untuk mengunduh informasi Facebook Anda, termasuk postingan, foto, dan video Anda, sebelum menghapus akun Anda.

Setelah Anda menghapus akun, diperlukan waktu hingga 90 hari bagi Facebook untuk menghapus data Anda sepenuhnya. Anda dapat memulihkan akun Anda jika Anda masuk dalam waktu 30 hari.

Kemudian, ada cara menghapus atau menonaktifkan akun Facebook Anda dari komputer. Pertama, masuk ke Facebook di desktop. Kedua, kunjungi facebook.com/help/delete_account.

Ketiga, pilih antara Deactivate account atau Delete account dan ikuti petunjuknya, tergantung pada apa yang ingin Anda lakukan. Di sini Anda diberikan opsi untuk mengunduh data Anda dan memiliki opsi lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement