Rabu 30 Aug 2023 17:07 WIB

Eduversal Kembali Gelar Kompetisi Matematika untuk Siswa SD-SMA

Matematika dinilai meningkatkan attention span dan melawan ketergantungan pada AI.

Matematika (Ilustrasi)
Foto: clare.cam.ac.uk
Matematika (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga sosial dan pendidikan Eduversal Foundation kembali menggelar ajang kompetisi Eduversal Mathematics Competition (EMC) 2023. EMC merupakan ajang bergensi kompetisi matematika nasional untuk siswa SD,SMP dan SMA yang diadakan setiap tahun.

"Ini menjadi semangat kami mendukung pemerintah untuk membantu meningkatkan literasi numerasi di kalangan pelajar," kata Ade Kiki Ruswandi, koordinator EMC, Rabu (30/8). 

Dijelaskannya, pada tahun 2019, Eduversal Foundation sukses menyelenggarakan EMC perdana dengan lebih dari 3.200 siswa dari seluruh Indonesia. EMC 2020 dan 2021 mengalami penambahan pendaftar, dan tahun 2022 mencapai lebih dari 10 ribu pendaftar. 

EMC terbuka untuk siswa kelas 4 SD hingga 12 SMA atau sederajat. Untuk tahun ini, EMC akan diadakan secara daring dan luring. Babak Penyisihan akan diselenggarakan daring, memungkinkan partisipasi dari seluruh wilayah Indonesia tanpa terkendala jarak. "Sedangkan untuk babak final akan diadakan di berbagai Test Center EMC di kota-kota besar," ungkapnya.

Ditambahkannya, tema EMC 2023 kali ini "Strengthen Your Mind with Math", tema ini dipilih sebagai respons terhadap berbagai tantangan yang dihadapi pelajar saat ini, termasuk penurunan perhatian (attention span) akibat maraknya konten singkat, penggunaan kecerdasan buatan (AI) yang meningkat, dan isu-isu kesehatan mental yang sering diabaikan. 

"Melalui EMC 2023, kami mengajak pelajar untuk memperkuat pikiran mereka dengan matematika, membantu meningkatkan attention span dan melawan ketergantungan berlebihan pada AI," lanjutnya.

Kompetisi ini menjadi kegiatan penting yang perlu diikuti oleh pelajar karena EMC telah mendapatkan pengakuan dari Pusat Prestasi Nasional atau Puspresnas. Para pemenang dapat mengajukan sertifikat pengakuan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Pendidikan Tinggi.

Selain itu dalam ajang ini para peserta juga akan diuji dengan soal berkualitas oleh tim penyusun yang berkompeten. Juga ada kegiatan tambahan berupa  kuis mingguan, festival matematika dan webinar pendidikan.

Eduversal menyediakan hadiah total senilai lebih dari Rp 120 juta dalam kompetisi ini. Selain itu pemenang juga mendapatkan beasiswa pendidikan senilai lebih dari Rp 1 miliar dan diskon khusus untuk program dan pelatihan olimpiade.

Kiki menyebutkan, untuk pendaftaran EMC telah dibuka mulai 18 Agustus 2023 hingga 18 Oktober 2023. Lantas Ujian Simulasi dan Technical Meeting digelar 21 Oktober 2023, Babak Penyisihan 28 Oktober 2023, Babak Final 18 November 2023 dan Acara Penganugerahan Pemenang EMC pada 2 Desember 2023.

Panitia juga menggelar sosialisasi EMC 2023 dan Webinar Pendidikan daring dengan tema "Exploring Math Outside Classroom" oleh Dr. Adi Nur Cahyono, dosen Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan team member dari Math City Map pada Sabtu, 2 September 2023, pukul 10.00 WIB. Acara ini terbuka untuk siswa, guru, dan masyarakat umum. Silakan lakukan pendaftaran pada laman kompetisi.net/sosialisasiEMC untuk mengikuti kegiatan ini (tidak dipungut biaya).

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement