Selasa 05 Sep 2023 20:35 WIB

Masa Jabatan Ganjar Berakhir, Pengamat Undip: Dia Berhasil Turunkan Kemiskinan Jawa Tengah

Program akselarasi ekonomi Ganjar dinilai sukses atasi kemiskinan multidimensi.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Ganjar Pranowo
Foto: Dok Humas Prov Jateng
Ganjar Pranowo

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Setelah menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode sejak 2013 lalu, Ganjar Pranowo resmi mengakhiri masa jabatannya hari ini, Selasa (5/9/2023). Sejumlah pihak menilai Ganjar mampu mengentaskan kemiskinan yang menjadi salah satu masalah utama pembangunan di Jawa Tengah.

Pengamat ekonomi Universitas Diponegoro (Undip), Wahyu Widodo mengatakan pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah selama kepemimpinan Ganjar menurutnya stabil.

Baca Juga

"Melihat dari indikator ekonomi makro, melihat pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah dalam 10 tahun terakhir, sebenarnya sangat stabil. Bahkan lima tahun terakhir sedikit di atas pertumbuhan ekonomi nasional," kata Wahyu dalam keterangannya, Selasa (5/9/2023).

Ia juga menilai program akselarasi ekonomi Ganjar selama ini sukses mengatasi masalah kemiskinan multidimensi di Jawa Tengah. "Makanya kita kenal kemiskinan multidimensi itu, karena orang sudah miskin mau dikeluarkan dari garis kemiskinan, tetapi yang di atas garis kemisikinan berpotensi jatuh ke jurang kemiskinan juga," ucap Wahyu. 

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa jumlah penduduk miskin di Jawa Tengah berkurang dari 4,83 juta menjadi 3,86 juta jiwa. Angka tersebut menunjukkan bahwa Ganjar telah sukses mengentaskan 1 juta warga miskin. 

Keberhasilan Ganjar tersebut, tidak lepas dari program-program yang selama ini dijalankannya untuk meningkatkan perekonomian Jawa Tengah dari hulu ke hilir. Program yang dilakukan Ganjar di hulu, salah satunya SMKN Jawa Tengah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Melalui program ini, Ganjar memberi beasiswa kepada siswa miskin untuk mendapatkan pendidikan vokasi, sehingga mereka bisa siap bekerja dan meningkatkan derajat ekonomi keluarganya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement