Kamis 07 Sep 2023 06:34 WIB

Hingga Juni 2023, Masjid Sheikh Zayed Solo Dikunjungi 1,6 Juta Wisatawan

Masjid Sheikh Zayed menjadi yang paling banyak dikunjungi wisatawan domestik.

Sejumlah warga saat berkunjung ke Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Jawa Tengah.
Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Sejumlah warga saat berkunjung ke Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Realisasi kunjungan wisata di Kota Solo hingga saat ini sudah melebihi target awal ditetapkan seiring dengan banyaknya destinasi wisata baru yang mampu menarik banyak pengunjung.

 

Sub Koordinator Promosi dan Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo Terry Sulistyaningrum  mengatakan target awal untuk jumlah kunjungan wisatawan domestik ke Kota Solo sebanyak tiga juta orang. "Sedangkan untuk wisatawan asing sebanyak 5.000 wisatawan," katanya.

 

Meski demikian, hingga Juli 2023 realisasi angka kunjungan sudah melebihi target awal. Yakni untuk wisatawan domestik sebanyak 3.096.854 wisawatan, sedangkan wisatawan mancanegara 10.541 orang.

 

Ia mengatakan angka tersebut meningkat jika dibandingkan realisasi tahun lalu, yakni 2,6 juta wisatawan domestik dan 2.600 wisatawan mancanegara. Menurut dia, dari sisi destinasi wisata hingga saat ini Masjid Sheikh Zayed masih menjadi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo mencatat hingga Juni kunjungan ke masjid itu mencapai 1.620.000 wisatawan. Selain Masjid Sheikh Zayed, destinasi wisata yang juga banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik yakni Solo Safari dengan angka kunjungan per Juni 2023 mencapai 398.011 wisatawan.

 

Sedangkan untuk destinasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan mancanegara yakni Pura Mangkunegaran. Hingga Juni 2023 angka kunjungan wisatawan mancanegara ke Pura Mangkunegaran sebanyak 2.870 orang.

 

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo Aryo Widyandoko mengatakan dalam waktu dekat Keraton Solo akan menyelenggarakan Sekaten. Ia mengatakan setiap tahunnya acara Sekaten Keraton Solo selalu ditunggu oleh banyak orang.

Bahkan, dalam satu hari jumlah kunjungan bisa mencapai ribuan orang. "Ini termasuk kegiatan tahunan yang ditunggu oleh banyak orang. Diharapkan penyelenggaraan Sekaten juga mampu meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke Solo," ujar dia.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement