Senin 03 Jun 2024 07:24 WIB

Menparekraf akan Ajukan Kota Solo Sebagai City of Gastronomy ke UNESCO

Sandiaga mengatakan akan berkoordinasi dengan UCCN tahun ini.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Fernan Rahadi
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bakal mengajukan Solo sebagai Creative City of Gastronomy ke UNESCO Creative Cities Network (UCCN), Ahad (2/6/2024).
Foto: Republika/Alfian Choir
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bakal mengajukan Solo sebagai Creative City of Gastronomy ke UNESCO Creative Cities Network (UCCN), Ahad (2/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno akan mengusulkan Kota Solo sebagai Creative City of Gastronomy ke UNESCO Creative Cities Network (UCCN). 

"Di Indonesia baru Bali yang memiliki penghargaan dari UN Tourism sebagai City of Gastronomy. Tapi setelah saya bicara dengan Pak Wali (Wali Kota Solo Gibran Rakabuming-Red), kok banyak potensi di Solo," kata Sandiaga, Ahad (2/6/2024). 

Sandiaga mengatakan akan berkoordinasi dengan UCCN tahun ini. Ia menegaskan banyak keuntungan apabila sebuah kota menjadi Creative City of Gastronomy. 

"Apakah bisa memberikan penghargaan City of Gastronomy untuk Solo pada tahun mendatang. Bisa dipertimbangkan di sidang selanjutnya," katanya. 

"63 persen wisatawan yang datang berdasarkan kuliner akan mempertimbangkan Solo sebagai destinasi. Karena ini sifatnya internasional akan banyak permintaan untuk wisatawan mancanegara," katanya menambahkan. 

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan siap menjawab tantangan Sandiaga. Ia juga berharap Solo bisa menjadi kota kuliner. 

"Kami siap jawab tantangan pak menteri, kami banyak bicara soal kuliner, akan kami tindak lanjuti permintaan pak menteri. Harapannya ke depan Solo bisa di-branding sebagai surganya kuliner," katanya. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement