Jumat 08 Sep 2023 10:41 WIB

Edukasi Warga, Bioskop dan Perpustakaan Keliling UMM Datangi Balai PMKS Sidoarjo

Terdapat sesi menonton bersama dan membaca buku.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
  Mobil Bioskop Keliling dan tim mahasiswa Kesejahteraan Sosial (Kesos) UMM hadir di Balai Pelayanan Sosial Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Sidoarjo.
Foto: Dokumen
Mobil Bioskop Keliling dan tim mahasiswa Kesejahteraan Sosial (Kesos) UMM hadir di Balai Pelayanan Sosial Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Sidoarjo.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Mobil Bioskop Keliling Universitas Muhammadiyah Malang (Bioling UMM) dan tim mahasiswa Kesejahteraan Sosial (Kesos) UMM hadir di Balai Pelayanan Sosial Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Sidoarjo dan menghibur para penghuninya pada 4 September lalu. Di samping itu, juga ada Mobil Bakti Terhadap Bangsa (Terbang) yang menyediakan beragam buku yang bisa dibaca.

Giat tersebut dikemas dengan acara nonton film bersama, baca buku bersama, serta fun game. Para penghuni yang merupakan tunawisma, penyandang disabilitas, gelandangan, hingga pengemis dihibur dan diedukasi dengan banyak hal.

Kepala Balai Pelayanan Sosial PMKS Sidoarjo, Fiftian Windarta, mengapresiasi tim UMM yang sudah hadir. Menurutnya, kepedulian yang diberikan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi penghuni balai pelayanan sosial.

Menurut dia, acaranya menarik sekali apalagi terdapat sesi menonton bersama dan membaca buku. Ia pun mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada UMM yang telah menghadirkan mobil bioskop keliling dan mobil bacanya.

 

"Walau terlihat sederhana, namun dampak dan manfaatnya sangat besar. Mereka memang butuh kegiatan seperti ini untuk merangsang pengetahuan,” ungkapnya.

Dijelaskan, penghuni di Balai Pelayanan Sosial PMKS Sidoarjo terdiri atas para tunawisma, penyandang disabilitas, gelandangan, pengemis, dan lain sebagainya. Mereka semua mendapatkan binaan sesuai dengan klasifikasi assesment yang telah ditentukan.

Bentuk binaannya variatif. Mulai dari peningkatan kemampuan wirausaha, giat banjari, hingga ke depan akan ada budi daya ikan.

Sebelumnya, ada tim mahasiswa Prodi Kesos Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMM yang melakukan kegiatan selama satu bulan di tempat tersebut. Praktikum diisi dengan berbagai kegiatan.

Mulai dari praktik pekerjaan sosial, melakukan praktik terapi terhadap PMKS, art therapy, hingga melakukan pembinaan terhadap klien dengan membuat eco brick dan eco print.

Sementara itu, salah satu penghuni di Balai Pelayanan Sosial PMKS Sidoarjo, Ernawati mengaku sangat senang dengan kedatangan tim UMM. Menurutnya, ini menjadi pengalaman yang asyik apalagi ia baru pertama kali menonton film dengan layar yang lebar dan bisa membaca buku-buku menarik.

Ia menilai film yang disajikan bagus dan menginspirasi. Buku-bukunya juga beragam dan dapat menambah pengetahuan. "Ada yang membahas bisnis, cerita motivasi, bahkan ada novel-novel asyik lainnya,” kata dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement