Kamis 14 Sep 2023 10:09 WIB

Berlangsung di UB Malang, Kompetisi GEMASTIK XVI Diikuti 70 Kampus

Kegiatan dilaksanakan mulai 12 sampai 16 September 2023.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Sebanyak 70 perguruan tinggi mengikuti kegiatan Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) XVI Tahun 2023 di Universitas Brawijaya (UB) mulai 12 sampai 16 September 2023.
Foto: Dok Humas UB
Sebanyak 70 perguruan tinggi mengikuti kegiatan Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) XVI Tahun 2023 di Universitas Brawijaya (UB) mulai 12 sampai 16 September 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Sebanyak 221 tim dari 70 perguruan tinggi mengikuti kegiatan Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) XVI 2023 di Universitas Brawijaya (UB) Malang, mulai 12 sampai 16 September 2023. Para peserta akan terbagi dalam 11 divisi lomba.

Ketua GEMASTIK XVI, Muhammad Arif Rahman mengatakan, ini merupakan kompetisi bidang TIK yang digelar Kemdikbudristek di bawah Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). "Tahun ini jumlah total peserta sebelum dinyatakan lolos ke babak final adalah 2.781 tim dari 315 perguruan tinggi," jelasnya.

Staf Ahli Bidang Manajemen Talenta Kemdikbudristek, Tatang Muttaqin menyampaikan, peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu fokus dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional. SDM yang berdaya saing perlu dilengkapi dengan penguasaan IPTEK sebagai katalis pertumbuhan ekonomi untuk kemajuan bangsa.

Kemdikbudristek berkomitmen memfasilitasi generasi muda bertalenta. Salah satunya melalui penyelenggaraan GEMASTIK untuk menguji dan meningkatkan penguasaan mahasiswa terhadap TIK.

 

Juga untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran mahasiswa dalam manfaatkan iptek guna menghasilkan produk inovasi berdaya saing tinggi.

Menurutnya, peserta GEMASTIK tidak hanya unggul dalam bidang TIK, melainkan mendapat kesempatan berkolaborasi dalam membentuk karakter mahasiswa yang berprestasi, kreatif tangguh, dan cinta Tanah Air. Hal ini sejalan dengan kebijakan MBKM yang mendorong mahasiswa unggul dalam akademik.

Kemudian juga menjadi individu yang inovatif, berdaya saing tinggi, dan berkarakter. Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa, UB, Setiawan Noerdajasakti menjelaskan, GEMASTIK merupakan wadah penting untuk menyalurkan kreativitas, pemikiran inovatif, serta kemampuan teknologi mahasiswa di seluruh Indonesia.

Sebagai tuan rumah, dia mengaku UB merasa terhormat atas kepercayaan yang diberikan oleh Puspresnas dan kementerian. GEMASTIK diharapkan akan menjadi wadah inspirasi bagi para mahasiswa TIK untuk terus berinovasi dalam membantu memecahkan permasalahan di masyarakat melalui teknolog.

Selain kegiatan kompetisi, diharapkan peserta dapat memperluas pengetahuan, jejaring, dan relasi di antara universitas. Dengan demikian, kelak akan tumbuh pemimpin-pemimpin yang ahli di bidang TIK bagi Indonesia.

Untuk diketahui, tahun ini kontingen UB diwakili sembilan tim. Dari jumlah itu, tujuh tim dari FILKOM dan dua tim dari FT (Fakultas Teknik). Selama proses berlangsung, seluruh peserta melakukan kegiatan final di Filkom UB dan ditutup pada Jumat (15/9/2023) di Gedung Samantha Krida.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement