Kamis 14 Sep 2023 17:06 WIB

Baharkam Polri Apresiasi Terbentuknya Kelompok Jaga Warga di Bantul

Terdapat potensi-potensi yang dapat menjadi ancaman bagi keamanan warga.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Pol Indra Miza  saat mengunjungi Omah Jaga Warga di Sewon, Bantul, DIY.
Foto: Dokumen
Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Pol Indra Miza saat mengunjungi Omah Jaga Warga di Sewon, Bantul, DIY.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri punya pesan khusus untuk polisi dan anggota Jaga Warga di DIY. Mereka diminta untuk terus menjalin kerja sama demi terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Pemilu 2024 mendatang.

“Pemilu yang akan kita hadapi beberapa waktu yang akan datang, adalah proses demokrasi, yang diharapkan melalui proses tersebut akan terpilih orang-orang terbaik yang akan menduduki kursi legislatif maupun eksekutif,” kata Kepala Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Kakorpolairud) Baharkam Polri Irjen Pol Indra Miza  saat mengunjungi Omah Jaga Warga  Kalurahan Timbulharjo, Sewon, Bantul, Rabu (13/9/2023) malam.

Kunjungan tersebut merupakan salah satu kegiatan dalam Rakernis Baharkam Polri Tahun Anggaran 2023 yang sedang berlangsung di Yogyakarta. Peserta rakernis adalah para polisi dari seluruh Indonesia.

Lebih lanjut Indra Miza menerangkan, seiring dengan perjalanan proses tersebut, terdapat potensi-potensi yang dapat menjadi ancaman bagi keutuhan, keamanan, dan kerukunan sebagai anak bangsa, termasuk di wilayah Bantul ini.

 

“Agar potensi ancaman terjadinya gangguan kamtibmas ataupun perpecahan di tengah masyarakat itu bisa diatasi, peran kita semua sangat diperlukan,” terang dia.

Mantan dirintelkam Polda Metro Jaya ini sangat bersyukur, di wilayah Bantul telah terbentuk Jaga Warga, yang merupakan upaya menjaga keamanan, ketenteraman, ketertiban, dan kesejahteraan serta menumbuhkan kembali nilai-nilai luhur yang ada di masyarakat.

Alhamdulillah di sini sudah terbentuk Jaga Warga, kerja sama kita, saling bantu-membantu, saling bahu-membahu dalam menjaga keamanan kerukunan, sangat penting demi terwujudnya situasi keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat kita,” ujar dia.

Menurut dia, kerja sama antara polisi dan masyarakat serta TNI di Bantul demi suksesnya pemilu sangat diperlukan.

“Saya yakin, dengan kerja sama polisi dan masyarakat serta TNI, saling bahu-membahu untuk menyukseskan pemilu, akan terwujud keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif sehingga pembangunan di tempat kita ini dapat terus berjalan,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan pemaparan oleh Ketua Jaga Warga Kalurahan Timbulharjo, Muhammad Amrun. Dikatakan, Jaga Warga didirikan Omah Jaga Warga di tingkat kalurahan untuk mewadahi kelompok Jaga Warga yang sudah terbentuk.

“Melalui program ini harapannya dapat menyelesaikan berbagai persoalan sosial

yang berkembang di masyarakat,” kata dia.

Sementara itu, Kapolres Bantul, AKBP Michael R Risakotta mengatakan, Jaga Warga  punya peran penting dalam mewujudkan ketertiban dan keamanan di wilayah Bantul.

"Anggota Jaga Warga memiliki peran dalam menyelesaikan Konflik Sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat. Saya terima kasih kepada semua Jaga Warga," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement