Kamis 14 Sep 2023 23:59 WIB

Anak Muda NU Diajak Terjun ke Politik Sejak Dini

Anak muda NU harus berani terjun ke politik dengan ide dan gagasan yang jelas.

Politisi muda Purnama Dhedhy Styawan saat memberikan pendidikan politik untuk kader.
Foto: Dok Istimewa
Politisi muda Purnama Dhedhy Styawan saat memberikan pendidikan politik untuk kader.

REPUBLIKA.CO.ID, KLATEN – Langkah aktivis muda Nahdlatul Ulama (NU) Purnama Dhedhy Setyawan untuk maju sebagai anggota legislatif DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah V disambut positif. Keberadaan politisi muda PKB tersebut diyakini mampu menjadi jembatan aspirasi nahdliyin di legislatif.

Dalam keterangan tertulisnya pada Kamis (14/9/2023), Dhedhy Setyawan mengaku restu dan dukungan datang dari sejumlah pengasuh pesantren dan tokoh NU di Kabupaten Klaten. Di antaranya dari pengasuh Ponpes Darul Qur'an Salafiyah KH Muhammad Suntaji, Ketua Jam'iyyah Ahlith Thariqah al-Mu'tabarah an-Nahdliyyah (JATMAN) Klaten KH Arif Budiyono, Ketua Majelis Wilayah Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Trucuk Kiai Mubani.

Baca Juga

KH Muhammad Suntaji mengaku senang saat ini banyak anak muda NU yang berani terjun ke dunia politik praktis dengan ide dan gagasan yang jelas. Menurutnya, di tengah zaman yang serba pragamatis ini, langkah anak muda yang terjun ke politik dengan nilai, gagasan, dan program yang jelas tentu dibutuhkan. “Kebanyakan anak muda yang terjun ke politik untuk kepentingan pragmatis. Biasanya mereka juga merupakan anak atau sanak saudara dari politisi-politisi lama yang ingin melanjutkan kekuasaan,” katanya. 

Kiai Suntanji juga memberikan apresiasi khusus terhadap Mas Dhedy karena merupakan asli Klaten. Menurutnya, keberadaan Mas Dhedy sebagai putra daerah akan memberi nilai lebih dalam usahanya untuk menjadi anggota legislatif dalam Pemilu 2024. "Saya senang dan menyambut baik niat Mas Dhedhy maju sebagai caleg DPR RI, apalagi dia anak muda NU dan asli Prambanan juga," katanya.

 

Senada dengan KH Suntaji, KH Arif Budiyono merasa lega akhirnya ada putra NU yang maju. Setelah sekian lama, tuturnya, akhirnya ada anak NU yang maju. Hal serupa pun disampaikan oleh Kiai Mubani. “Saya bangga dan mendoakan agar niat baik Mas Dhedhy mendapat ridha Ilahi. Sehingga dirinya benar-benar terpilih nantinya sebagai DPR RI,” kata dia. 

Sementara itu, Mas Dhedhy akan terus melanjutkan agenda untuk sowan kepada para kiai. Menurutnya, sowan kiai merupakan bagian dari etika seorang anak kepada orang tua. "Saya ini kan besar di lingkungan NU, jadi sowan kiai itu bagian dari keharusan dalam segala hal. Dan, di NU hal ini sangat biasa. Justru kalau tidak sowan kesannya kurang sopan," ujar dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement