Senin 18 Sep 2023 09:09 WIB

Qatar Buka Pendaftaran Haji 2024 Mulai 20 September

Periode pendaftaran ini akan berlangsung selama satu bulan penuh.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Fernan Rahadi
Haji (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Haji (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Pemerintah Qatar saat ini tengah bersiap untuk pelaksanaan musim haji mendatang. Kementerian Wakaf (Awqaf) dan Urusan Islam, dalam konferensi pers menyebut proses pendaftaran jamaah akan dimulai sebentar lagi.

Bagi warga negara dan penduduk Qatar, pendaftaran akan dimulai pada Rabu (20/9/2023) pukul 08.00 waktu setempat. Bagi umat Muslim setempat yang berminat, bisa langsung mengakses halaman yang sudah disediakan, atau ke hajj.gov.qa.

Baca Juga

Dilansir di Peninsula Qatar, Senin (18/9/2023), periode pendaftaran ini akan berlangsung selama satu bulan penuh, berakhir pada 20 Oktober 2023.

Tidak hanya itu, Kementerian Awqaf dan Urusan Islam juga menyampaikan setelah pendaftaran ditutup, proses penyortiran dan persetujuan elektronik akan dimulai pada bulan November.

 

Kementerian menyatakan, pengumuman awal pendaftaran dimaksudkan untuk memungkinkan operator perjalanan haji (Hamlat) menyelesaikan kontrak mereka dengan perusahaan Saudi, sekaligus meningkatkan layanan bagi jamaahnya.

Berbicara tentang kuota haji yang dialokasikan oleh otoritas Saudi, pejabat tersebut mengatakan Qatar mendapat alokasi jumlah sebanyak 4.400 jamaah. Pendaftaran ibadah terbuka untuk semua orang, baik warga Qatar atau penduduk.

Bagi warga Qatar, syarat warga negara bisa berangkat haji adalah harus berusia minimal 16 tahun, dengan kemungkinan menambah lima orang pendamping.

Sementara itu, warga negara Teluk yang berusia minimal 18 tahun memiliki pilihan untuk hanya menyertakan satu pendamping. Di sisi lain mereka juga harus dipastikan memiliki nomor ID Qatar.

Penduduk Qatar juga harus memenuhi persyaratan berusia minimal 40 tahun, sekaligus telah memiliki tempat tinggal di negara tersebut untuk jangka waktu tidak kurang dari 10 tahun. Calon jamaah haji ini hanya diperbolehkan menambahkan satu pendamping saja.

Sebelumnya, Kementerian Haji Saudi telah mengumumkan alokasi kuota bagi berbagai negara untuk musim haji tahun depan pada 30 Juni lalu. Selain itu, mereka juga telah memulai jalur registrasi elektronik untuk jamaah dan kampanye haji. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement