Selasa 19 Sep 2023 07:55 WIB

Tangani Kekeringan, Enam Titik Sumur Dalam Dibuat di Sragen

Kelayakan air sumur dijadikan air minum perlu dicek kembali.

Rep: Muhammad Noor Alfian/ Red: Yusuf Assidiq
Pekerja mengebor untuk pembuatan sumur dalam (ilustrasi)
Foto: Antara/Prasetia Fauzani
Pekerja mengebor untuk pembuatan sumur dalam (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SRAGEN -- Sejumlah sumur dalam dibuat di wilayah Kecamatan Gesi, Sragen, Jateng, untuk menangani dampak bencana kekeringan akibat kemarau panjang. Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sragen Danang Hermawan mengatakan enam titik sumur dalam itu seluruhnya berada di Gesi.

"Ini diawali di Gesi karena sebagai pilot project. Itu dari Pekerjaan Umum (Dinas Pekerjaan Umum) dan konsultannya pakai PDAM," katanya ketika dihubungi, Senin (18/9/2023).

Meskipun sumur dalam tersebut diharapkan dapat memenuhi air bersih warga, namun untuk kelayakan dijadikan sebagai air minum perlu dicek kembali. Apakah airnya payau atau asin.

"Soalnya utara Bengawan Solo kan tandus, daerah kapur. Nyari sumber mata air yang bagus ya kesulitan karena memang wilayahnya seperti itu," katanya.

Meski demikian, ia belum dapat memastikan apakah air dari sumur dalam nantinya aman untuk dikonsumsi, baik untuk makan maupun minum. "Misalnya kalau untuk minum perlu diuji laboratorium juga," ujar dia.

Sementara itu, Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan, ada penurunan luasan kekeringan akibat kemarau panjang jika dibandingkan dengan tahun lalu.

 

"Ada penurunan perluasan. Meski demikian, tahun ini kami akan buat sumur dalam agar dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bagi warga. Insya Allah akhir bulan depan saya resmikan," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement