Jumat 22 Sep 2023 17:50 WIB

Letakkan Jabatan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Tinggalkan 'Warisan' Infrastruktur Olahraga

Anak-anak muda diharapkan punya banyak kegiatan yang rutin.

Ahmed Zaki Iskandar.
Foto: Republika.co.id/Rr Laeny Sulistyawati
Ahmed Zaki Iskandar.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Ahmed Zaki Iskandar resmi meletakkan jabatan sebagai bupati Tangerang, Kamis (21/9/2023). Selama dua periode, Zaki telah berhasil membangun infrastruktur olahraga di kabupaten Tangerang yang kini berkembang pesat.

Salah satu yang dibangun Zaki selama sepuluh tahun dan kini ditinggal untuk diteruskan penggantinya adalah stadion mini di 29 kecamatan Kabupaten Tangerang. "Sarana olahraga itu penting, saya sangat concern untuk membina anak-anak muda, agar mereka punya kesibukan dan tidak tawuran," kata Zaki suatu saat. 

Dengan menempatkan stadion di setiap kecamatan yang berdekatan dengan sekolah, maka anak-anak muda punya banyak kegiatan yang rutin. "Syukur kalau mereka memanfaatkan itu semua," kata Zaki.

Ia berharap dengan memberikan fasilitas olahraga dapat menjadi pemantik munculnya atlet muda nantinya akan mengharumkan nama Kabupaten Tangerang dan bangsa Indonesia.

"Saat ini Kabupaten Tangerang juga telah memiliki 29 stadion mini dari 29 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang, keberadaan stadion mini tersebut juga merupakan representatif dari program unggulan Gerakan Tangerang Sehat. Jadi, tinggal satu kecamatan lagi yaitu Stadion Mini Kecamatan Kelapa Dua yang sedang dalam proses pembangunan," katanya.

Sejumlah kegiatan di Kabupaten Tangerang pun dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Agenda lain yang dilakukan adalah menggelar kompetisi Tangerang Junior League (TJL) 2023 yang diselenggarakan untuk kelompok usia 13, 15, dan 17 tahun. Jebolan TJL juga terbukti telah mencetak atlet-atlet muda sepak bola yang mengharumkan nama Kabupaten Tangerang di tingkat nasional dan internasional.

Zaki mengatakan, acara-acara tersebut merupakan segelintir kompetisi yang digelar di Kabupaten Tangerang. Langkah ini juga menjadi wadah untuk menggodok kemampuan dan kualitas atlet usia muda demi peningkatan prestasi sepak bola lokal.

"Kompetisi-kompetisi tersebut merupakan agenda rutin di Kabupaten Tangerang untuk pembinaan atlet-atlet, kompetisi ini juga diharapkan akan menjadi cikal bakal lahirnya atlet berbakat di daerah kami," jelas Bang Zaki, sapaan akrabnya.

Dalam kesehariaannya, Bupati Zaki juga merupakan sosok yang gemar berolahraga dengan berbagai macam kegiatan digelutinya. Mulai dari bulu tangkis, renang, basket, voli, sepakbola, softball, hingga sepeda pun dilakukan pria 49 tahun tersebut. 

Menurutnya, anak-anak wajib berolahraga, tidak hanya untuk kesehatan dan fisik yang kuat saja melainkan juga meningkatkan mental. Sebab jika memiliki mental yang kuat, jiwa kompetitif tentu tertanam, selain itu olahraga juga meningkatkan kerja sama.

Jadi akan ada perbedaan signifikan antara anak yang berolahraga dan tidak berolahraga. Ia mengatakan bahwa anak-anak di Kabupaten Tangerang memiliki minat terhadap olahraga yang tinggi dan sehat.

"Apa aja ada, hampir semua olahrga di Kabupaten Tangerang kita berikan support. Road bike seperti mountain bike, sepeda lipat, olahraga otomotif juga ada. Di Tangerang ada balapan sebelum Jakarta. Kita ingin menjadikan Kabupaten Tangerang sebagai pusat kegiatan olahraga," katanya.

Contoh dalam cabang olahraga sepak bola, Bupati Zaki yang merupakan Pembina Klub Persita Tangerang yang memiliki andil membawa klub tersebut promosi ke Liga 1. Bahkan demi memajukan klub, manajemen merekrut mantan kiper tim nasional Italia dan Inter Milan, Walter Zenga sebagai Direktur Teknik Persita Tangerang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement