Selasa 26 Sep 2023 20:40 WIB

Gratis, UGM Gelar Program Mata Kuliah Talent Development yang Bisa Diikuti Masyarakat Umum

Jadwal Perkuliahan dimulai 1-29 September 2023 Periode Pendaftaran

Kampus UGM Yogyakarta.
Foto: Yusuf Assidiq
Kampus UGM Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Gelanggang Inovasi & Kreativitas (GIK) UGM menyelenggarakan mata kuliah daring perdana yang diberi nama 'Talent Development'. Mata kuliah ini bertujuan untuk menggali potensi diri mahasiswa dengan meningkatkan hard skill & soft skill, memberikan inspirasi, exposure, dan bimbingan dalam membangun karier bermakna serta fasilitas paparan industri oleh supermentor.

"Dengan membina hubungan yang bermakna antara Universitas, Kemendikbudristek, dan pakar industri, mata kuliah ini berupaya menjembatani  kesenjangan antara akademisi dan industri," kata Khansa Khalisha dari GIK UGM, dalam keterangannya, Selasa (26/9/2023).

Baca Juga

Di awal, mahasiswa akan mengerjakan tes psikologi untuk mendapatkan rekomendasi mata kuliah pilihan yang mencerminkan hasil tes yang menunjukkan minat dan bakat mereka. Selanjutnya, mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk mendaftar di 12 dari 16 sesi mata kuliah yang tersedia sesuai dengan minat pribadi. 

"Sesi-sesi ini akan mencakup  berbagai topik, dan dibimbing oleh supermentor dari berbagai industri ternama di tanah air, mahasiswa juga akan dibimbing untuk menyusun life plan sebagai bagian dari final project mereka guna mempersiapkan keputusan karier yang tepat dalam pasar kerja yang kompetitif," ungkapnya.

Khansa menjelaskan program perkuliahan GIK UGM akan terintegrasi langsung dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dan diselenggarakan secara gratis untuk mahasiswa UGM maupun non-UGM dan masyarakat umum. Para peserta juga akan menerima sertifikat yang diakui oleh industri dan dapat mengkonversinya menjadi SKS di  kampus masing-masing.

Jadwal Perkuliahan akan dimulai pada 1-29 September 2023 (periode pendaftaran). Pembukaan akan dimulai 1 Oktober 2023, pelaksanaan kelas dilaksanakan pada 4 Oktober-1 Desember 2023, dan penutupan kelas pada 4 Desember 2023.

"Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran dan pelaksanaan program dapat dipantau melalui website resmi neo.futureskills.id dan Instagram @gik.ugm," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement