Selasa 03 Oct 2023 08:05 WIB

Info BMKG Soal Cuaca di DIY Hari Ini

Kondisi ini diperkirakan akan terjadi sejak pagi, siang hingga sore hari nanti.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Prakiraan cuaca cerah berawan.
Foto: Max Pixels
Prakiraan cuaca cerah berawan.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi (Stamet) YIA menginformasikan bahwa kondisi cuaca pada Selasa (3/10/2023) ini di Provinsi DIY cerah berawan. Kondisi ini diperkirakan akan terjadi sejak pagi, siang, hingga sore hari nanti.

"Malam hari kondisi cuaca berawan," tulis BMKG Stamet YIA, Senin (2/10/2023).

BMKG Stamet YIA juga menyebut bahwa suhu udara pada 3 Oktober ini berkisar antara 20-31 derajat Celsius. Sedangkan, untuk kelembaban udara di DIY sendiri mencapai 65-95 persen.

Sementara itu, arah angin dikatakan bertiup dari arah timur ke selatan dengan kecepatan maksimal 30 kilometer per jam. Untuk itu, BMKG Stamet YIA memperkirakan adanya potensi tingginya gelombang laut di perairan selatan DIY.

 

Gelombang tinggi laut ini sudah terjadi dalam beberapa hari belakangan ini. Diperkirakan, potensi gelombang tinggi ini masih akan dapat terjadi dalam beberapa hari kedepan.

Untuk itu, masyarakat tetap diminta waspada terhadap potensi gelombang tinggi. Terutama masyarakat pesisir yang beraktivitas di wilayah perairan. "Waspada potensi gelombang laut tinggi di perairan Yogyakarta," kata BMKG Stamet YIA.

Dijelaskan, potensi gelombang tinggi di perairan selatan DIY diperkirakan berkisar antara 2,5 meter hingga empat meter. "Gelombang laut di perairan Yogyakarta masuk kategori tinggi," kata BMKG Stamet YIA.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement