Rabu 04 Oct 2023 14:18 WIB

Job Fair 2023 SMK Muhim Bantul Sediakan Lowongan dari 27 Perusahaan

Para pengunjung yang hadir juga dapat mengikuti berbagai kegiatan.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
  Job Fair 2023 yang digelar di SMK Muhim, Kabupaten Bantul.
Foto: Dokumen
Job Fair 2023 yang digelar di SMK Muhim, Kabupaten Bantul.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Imogiri (SMK Muhim) Kabupaten Bantul, DIY, menyelenggarakan Job Fair 2023 sebagai sejak 3-4 Oktober 2023. Kegiatan digelar dengan menghadirkan 27 dunia usaha dan dunia industri.

Job Fair 2023 ini diselenggarakan guna menghubungkan dunia pendidikan dengan industri. Selain itu juga memungkinkan para siswa dan pengunjung dari berbagai alumni SMK/SMA yang ada di DIY mendapatkan informasi tentang peluang karir yang tersedia, serta persyaratan yang dibutuhkan oleh berbagai perusahaan.

Kepala Seksi SMK Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Septy Winartiyanti Subekti, mengatakan, pemerintah memiliki peran dalam mengembangkan SMK sebagai lembaga pendidikan yang berperan dalam mencetak tenaga kerja terampil. Baik terampil untuk bekerja di industri maupun wirausaha.

Menurut dia, ada berbagai macam skema dana bantuan pemerintah untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satunya, yakni melalui Program SMK Pusat Keunggulan dan program pendampingan wirausaha berbakat dari siswa SMK yang ada di DIY.

"Mindset SMK Muhim sudah beralih ke demand and market driven dalam agenda Job Fair yang bertempat di sportorium SMK Muhim. Kita harus berpikir apa yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan dunia industri, atau kebutuhan pasar," kata Septy, Rabu (4/10/2023).

Dalam pembukaan Job Fair 2023 SMK Muhim dihadiri oleh Majelis Dikdasmen PNF PWM DIY, Marwoto. Termasuk perwakilan dari Disnakertrans DIY, Disperindag DIY, Disnakertrans Bantul, Pimpinan Muhammadiyah Daerah Bantul Cabang Imogiri, Muspika Kapanewon Imogiri, dan sivitas SMK MUHIM.

Pada kegiatan tersebut, Marwoto juga memberikan pandangan tentang pentingnya kualifikasi tenaga kerja yang berkualitas untuk mendukung pembangunan khususnya di DIY. Muhammadiyah, katanya, hadir melalui SMK Muhim untuk menjawab tantangan lebih dari 500 lulusan tiap tahunnya melalui program-program yang berkualitas.

Kepala SMK Muhim, Sabarudin Ahmad menambahkan, dari penyelenggaraan Job Fair 2023 ini menandakan SMK Muhim sudah pada jalur SMK yang berkemajuan dan unggul. SMK Muhim, dia melanjutkan, mampu menciptakan lulusan SMK yang siap bersaing di dunia kerja.

"Baik bersaing di dunia kerja tingkat nasional maupun global," kata Sabarudin. Melalui Job Fair 2023 ini, para pengunjung yang hadir utamanya calon tenaga kerja dapat mengikuti berbagai kegiatan.

Dengan begitu, dalam kegiatan ini para calon tenaga kerja tidak hanya disuguhi dengan informasi dan kesempatan kerja. Job Fair 2023 SMK Muhim ini juga diisi dengan berbagai kegiatan lain.

Seperti talkshow karir, pelatihan keterampilan praktis untuk mempersiapkan para calon tenaga kerja dengan kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia pekerjaan, wawancara kerja langsung, pameran produk dan layanan, hingga konsultasi karier.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement