Senin 09 Oct 2023 09:14 WIB

BMKG: Hujan Mulai Guyur Wilayah Jateng Diperkirakan November

Puncak musim hujan diprediksi akan terjadi pada Januari-Februari 2024.

Petugas memantau monitor citra satelit cuaca di kantor Balai Besar Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG)
Foto: ANTARA/Fransisco Carolio
Petugas memantau monitor citra satelit cuaca di kantor Balai Besar Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah Indonesia diliputi cuaca cerah berawan pada hari ini.

Sub Koordinator Bidang Analisis dan Informasi Iklim BMKG Amsari Mudzakir Setiawan telah mengatakan sejumlah daerah seperti Sumatera Selatan, Lampung, sebagian besar Banten, Jakarta, Jawa Barat, sebagian besar Jawa Tengah, sebagian Jawa Timur, Bali, sebagian kecil NTB, sebagian kecil NTT, Sulawesi Utara, Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian besar Sulawesi Selatan, Maluku Utara bagian utara, dan Papua Selatan bagian selatan, diprakirakan akan memasuki musim hujan pada November.

Sedangkan sebagian besar Jawa Timur bagian utara, sebagian wilayah NTB, sebagian NTT, sebagian besar Sulawesi Tenggara diprakirakan baru memasuki musim hujan pada Desember ini.

"Puncak musim hujan 2023-2024 umumnya diprediksi akan terjadi pada Januari-Februari 2024 di 385 ZOM (Zona Musim) atau sebanyak 55,1 persen di Indonesia," kata Amsari.

 

Untuk hari ini, di Jawa dan Nusa Tenggara, cuaca cerah berawan diprakirakan akan meliputi Jakarta, Yogyakarta, Semarang, dan Mataram.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement