Kamis 12 Oct 2023 02:11 WIB

Mampu Hilangkan Jerawat, Mahasiswa UMS Ciptakan Face Mist Bahan Organik

Kandungan vitamin C dalam produk ini bagus untuk kesehatan kulit.

Rep: Muhammad Noor Alfian/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UMS.
Foto: Yusuf Assidiq.
Kampus UMS.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Tim Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Solo (UMS) berhasil menciptakan produk face mist berbahan organik yang aman bagi kulit wajah. Bahan organik yang digunakan pada pembuatan face mist adalah daun jambu biji dan kulit pisang.

Ketua Tim Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) Eka Enessya mengungkapkan produk buatannya diberikan label 'LETTA'. Sedangkan fungsi produk tersebut dapat meredakan jerawat, menghilangkan jerawat, mengurangi kerutan, mengurangi komedo, melembabkan kulit wajah, dan sebagai penyegar wajah.

“Semoga produk kami, LETTA, ke depan bisa diterima masyarakat luas. Face mist ini jauh lebih aman dibanding produk yang sudah beredar di pasaran, karena tidak berbahan kimiawi,’’ kata Eka, Rabu (11/10/2023).

Menurut Eka, inovasi face mist organik LETTA ini bersumber dari tradisi nenek moyang. Kemudian diperkuat lagi dengan literatur artikel ilmiah yang kredibel.

Dia berharap, produk ini dapat menjadi alternatif pengganti face mist berbahan kimia yang ada di pasaran sehingga dapat mengurangi efek samping dari bahan kimia, juga dapat meningkatkan kesehatan kulit bagi penggunanya.

Face mist organik LETTA memiliki kandungan antioksidan, vitamin C, dan flavonoid yang tinggi, sehingga dapat mengurangi berbagai risiko jerawat berlebih, muka kering, serta mengurangi kerutan,” kata dia.

Sementara itu, dosen pembimbing Endang Setyaningsih juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya kandungan vitamin C dalam produk tersebut bagus untuk kesehatan kulit.

“Produk face mist organik ini juga mengandung ekstrak kulit pisang mengandung senyawa flavonoid yang mampu melindungi kulit berbagai masalah kulit yang disebabkan oleh pancaran sinar UV dan sebagai anti-aging.Sedangkan tambahan daun jambu biji dalam produk, juga memiliki kandungan flavonoid dan vitamin C yang bermanfaat dapat merangsang pembentukan kolagen pada kulit dan menjaga kelembaban kulit serta dapat mencerahkan kulit,” jelas dosen UMS itu.

Selain itu, produk face mist ini juga aman digunakan dan dijual dalam bentuk cair berupa kemasan botol dengan harga sangat terjangkau. Dia juga menyampaikan, bahwa face mist organik temuan mahasiswanya tersebut saat ini telah dilakukan uji laboratorium.

“Sejauh ini, face mist organik LETTA telah diuji melalui uji mikrobiologi, organoleptik, dan kandungan antioksidan di Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Kota Solo,” kata Endang mengakhiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement