Senin 16 Oct 2023 10:35 WIB

Sampoerna Raih LinkedIn Top Companies & HR Excellence Award 2023

LinkedIn Top Company adalah daftar 15 perusahaan terbaik bagi perkembangan karier.

Sampoerna Raih LinkedIn Top Companies & HR Excellence Award 2023.
Foto: dokpri
Sampoerna Raih LinkedIn Top Companies & HR Excellence Award 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) pada tahun 2023 telah dinobatkan kembali sebagai salah satu LinkedIn Top Company di Indonesia pada posisi 3, atau naik sembilan peringkat, serta HR Excellence Award 2023. Keduanya menambah daftar penghargaan Sampoerna di bidang manajemen sumber daya manusia setelah sebelumnya Perseroan juga meraih sertifikasi Equal-Salary selama lima tahun berturut-turut.

LinkedIn Top Company ialah sebuah daftar bergengsi berisi 15 perusahaan terbaik bagi perkembangan karier dan pembekalan karyawan demi kesuksesan jangka panjang. Penghargaan ini diberikan selama dua tahun berturut-turut kepada Sampoerna.

Perolehan LinkedIn Top Companies ini membuktikan realisasi komitmen Sampoerna pada karyawan sebagai penggerak bisnis perusahaan. Sampoerna terus menaruh perhatian besar untuk mendukung dan melindungi well-being karyawan melalui berbagai inisiatif, serta membangun ketahanan dan pertumbuhan mereka demi mencapai kesuksesan. Tingkat keterlibatan karyawan yang tinggi juga dijaga melalui apresiasi atas setiap pencapaian dan pembelajaran, dan hal ini tecermin dalam survei internal yang dilakukan secara rutin sepanjang tahun dengan tingkat partisipasi dan penilaian yang positif.

Selain LinkedIn Top Company, baru-baru ini Sampoerna juga meraih empat penghargaan pada HR Excellence Awards Indonesia 2023. Keempat penghargaan tersebut adalah Gold Award - Excellence in Diversity, Equity & Inclusions, Gold Award - Excellence in the Use of HR Tech, Silver Award - Excellence in Hybrid Working, serta Bronze Award - Excellence in Employee Engagement.

 

HR Excellence Award yang digelar oleh Human Resource Online untuk mengapresiasi pencapaian dan inovasi luar biasa di bidang manajemen sumber daya manusia di Indonesia. HR Excellence Awards Indonesia menampilkan strategi, kebijakan, dan inisiatif SDM paling efektif yang telah meningkatkan secara signifikan engagement karyawan, kinerja organisasi, dan kesuksesan bisnis secara keseluruhan.

"Kami bangga dan sangat mengapresiasi penobatan Sampoerna sebagai LinkedIn Top Company 2023 serta HR Excellence Award 2023. Sesuai dengan Falsafah Tiga Tangan perseroan, Sampoerna akan mendukung para karyawan untuk terus berkembang. Sampoerna berkomitmen menjadi pemimpin inovasi dengan memanfaatkan keberagaman latar belakang, kemampuan, ide, dan perspektif unik dari masing-masing karyawan. Kami percaya hal ini berperan penting bagi kesuksesan kami. Investasi untuk kesejahteraan, kesehatan, dan keselamatan para karyawan akan terus menjadi prioritas utama perusahaan," ujar Direktur Sampoerna, Ripy Mangkoesoebroto, dalam siaran pers, Senin (16/10/2023).

Sebagai perusahaan yang telah beroperasi selama 110 tahun di Indonesia, Sampoerna berkomitmen untuk menciptakan nilai bagi para pemangku kepentingan utama, termasuk karyawan, yang berakar pada Falsafah Tiga Tangan sebagai prinsip panduan perusahaan, dan menanamkan keberlanjutan dalam setiap aspek bisnis dan aktivitasnya. Payung program keberlanjutan “Sampoerna Untuk Indonesia”, merupakan realisasi atas komitmen jangka panjang Sampoerna untuk turut berkontribusi pada pembangunan Indonesia.

Sejalan dengan hal itu, dedikasi dan kolaborasi kuat menjadi kunci kesuksesan perusahaan dalam memanfaatkan praktik dan sistem kelas dunia bagi lebih dari 71 ribu karyawan langsung dan tidak langsung Sampoerna, yang juga mencakup karyawan 38 Mitra Produksi Sigaret (MPS) yang bermitra dengan Sampoerna.

Ripy menambahkan pihaknya percaya bahwa kesuksesan jangka panjang perusahaan dibangun dari kolaborasi yang terjadi dalam tempat kerja yang inklusif dan menghargai keberagaman. "Bagi kami, memberikan kesempatan yang setara melalui meritokrasi tanpa memandang latar belakang karyawan menjadi faktor yang paling penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang baik," katanya.

Selama lima tahun berturut-turut hingga tahun 2022 lalu, Sampoerna telah memperoleh sertifikasi Equal-Salary yang menunjukkan komitmennya untuk membayar karyawan perempuan dan laki-laki secara setara untuk pekerjaan yang sama. Kesetaraan telah diwujudkan Sampoerna melalui representasi perempuan yang mengisi 33 persen posisi manajerial pada tahun 2022.

Inklusivitas dan keberagaman menjadi faktor penting dalam fokus Sampoerna untuk mendorong kesejahteraan dan kesuksesan karyawan. Sampoerna juga memastikan bahwa semua karyawan mencapai karier dan kehidupan di luar pekerjaan yang memuaskan, salah satunya melalui peluncuran cuti orangtua yang inklusif gender sebagai bagian dari inisiatif global PMI.

Pengembangan karier dan pribadi adalah bagian signifikan dalam pencapaian perusahaan karena karyawan adalah motor penggerak transformasi bisnis perusahaan. "Dengan pengakuan terbaru sebagai LinkedIn Top Company 2023 dan HR Excellence Award 2023, Sampoerna akan terus menempatkan prioritas utama dalam membangun lingkungan kerja yang senantiasa mendukung karyawan untuk berinovasi dan menghasilkan karya terbaiknya," kata Ripy.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement