Selasa 17 Oct 2023 11:05 WIB

Bersepeda, Anies Tes Kesehatan di RS Fatmawati Lengkapi Syarat Pendaftaran

Tes kesehatan ini berisikan pemeriksaan umum.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Anies Baswedan mengendarai sepeda bersama warga di Jalan RS Fatmawati, Jakarta, (ilustrasi)
Foto: Thoudy Badai
Anies Baswedan mengendarai sepeda bersama warga di Jalan RS Fatmawati, Jakarta, (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, melakukan tes kesehatan di RS Fatmawati. Anies melakukan tes berselang tiga hari setelah cawapres, Muhaimin Iskandar, melakukan tes di tempat yang sama.

Seperti saat mengurus SKCK beberapa waktu lalu, Anies datang sendiri ke RS Fatmawati. Mengendarai sepeda Skyler Schwinn, helm, dan memakai rompi biru berbendera Indonesia di dada kiri yang menjadi khasnya selama ini.

Anies memilih bersepeda karena jarak RS tidak jauh dari kediamannya ada di Jalan Lebak Bulus Dalam II, Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Seusai tes, ia mengatakan, tes ini untuk melengkapi syarat-syarat pendaftaran.

"Saya datang ke RS Fatmawati untuk mengurus surat keterangan sehat jasmani rohani, jadi ini adalah bagian dari dokumen yang harus dibawa untuk mendaftar ke KPU," kata Anies, Selasa (17/10).

Ia menerangkan, tes kesehatan ini berisikan pemeriksaan umum. Mulai dari pengambilan sampel darah, sampel urine, melalui wawancara oleh dokter penyakit dalam, wawancara psikiater dan dilakukan pengambilan rontgen.

Anies mengingatkan, ini bukanlah tes kesehatan yang dilakukan kepada capres-cawapres setelah mendaftar. Tapi, ini merupakan tes kesehatan untuk mendapat surat keterangan sehat yang harus dibawa saat mendaftar.

"Menurut mereka akan bisa segera ke luar, mudah-mudahan hari ini, mudah-mudahan besok paling telat," ujarnya.

Pasangan dari Koalisi Perubahan jadi satu-satunya capres-cawapres yang sudah melakukan tes kesehatan untuk mendapat surat sehat yang harus dibawa ketika mendaftar ke KPU. Pendaftaran dimulai 19-25 Oktober 2023.

Baik Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sama-sama menyatakan kesiapan untuk mendaftar pada 19 Oktober 2023 pagi. Kondisi berbeda dari poros Ganjar maupun poros Prabowo yang masih belum mendeklarasikan cawapres.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement