Senin 23 Oct 2023 17:01 WIB

Sebanyak 13.404 Bilik Suara Telah Diterima KPU Kabupaten Semarang

Jumlah sebanyak 13.404 set bilik suara yang sudah tiba dipandang sangat mencukupi.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fernan Rahadi
Lambang KPU (ilustrasi).
Foto: Antara
Lambang KPU (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Tahap pertama pengiriman logistik Pemilu 2024 telah diterima oleh Komisi Pemilihan umum (KPU) Kabupaten Semarang, Senin (23/10/2023). Logistik yang telah diterima ini berupa bilik suara sebanyak 13.404 buah.

Ketua KPU Kabupaten Semarang, Maskup Asyadi mengungkapkan, logistik pemilu 2024 tahap pertama ini telah tiba di Ungaran dan untuk sementara transit di gedung Korpri, Kabupaten Semarang.

Sedianya, gedung yang disiapkan KPU Kabupaten Semarang sebagai gudang logistik KPU adalah gedung Tennis Indoor, kompeks GOR Pandanaran, lingkungan Wujil, Kecamatan Bergas. Kabupaten Semarang.

"Namun karena saat ini gedung Tennis Indoor masih dilakukan fumigasi, maka logistik tahap pertama ini kita transitkan dulu di gedung Korpri, sambil menunggu proses fumigasi tuntas," jelasnya.

Maskup juga menyampaikan, untuk logistik Pemilu 2024 yang tiba hari ini, dkirim langsung dari perusahaan PT Intan Ustrix di Kabupaten Gresik, Jawa Timur dengan menggunakan tiga armada pengiriman logistik.

Berdasarkan jumlahnya, telah mencukupi kebutuhan unruk pelaksanaan pemilu Kabupaten Semarang, sebanyak 3.351 tempat pemungutan suara (PS) yang tersebar di 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Semarang.

Sehingga jumlah sebanyak 13.404 set bilik suara yang sudah tiba ini sangat mencukupi. "Sesuai dengan permintaan KPU Kabupaten Semarang, jumlah bilik suara ini sangat mencukupi," lanjutnya.

Disinggung logistik Pemilu 2024 berikutnya, Maskup menyampaikan, berdasarkan informasi, logistik yang lain berupa 16.755 kotak suara sedang dalam proses pengiriman yang rencananya tiba pada tanggal 25 Oktober 2023.

Setelah logistik kotak suara tersebut tiba dan diterima, maka proses selanjutnya adalah perakitan yang diharapkan sudah bisa dilaksanakan di gedung tennis Indoor, kompleks GOR Pandanaran, Wujil.

Karena untuk proses perakitan memang membutuhkan ruangan yang leluasa. Selain itu, KPU Kabupaten Semarang juga memprioritaskan perakitan kotak suara terlebih dulu. "Setelah itu, baru rauangan yang tersisa akan digunakan untuk menyimpan bilik suara yang sudah lebih dahulu tiba," lanjutnya.

Terkait dengan pengamanan gudang logistik, KPU Kabupaten Semarang telah berkoordinasi dengan Polres Semarang. Sejak dimulainya Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024 pada 19 Oktober 2023 lalu, gedung KPU dan gudang logistik dijaga oleh personel Polres Semarang.

Pengamanan logistik oleg personel Polres Semarang juga didukung oleh kamera CCTV. Selain itu KPu Kabupaten Semarang juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang terkait dengan proses penyimpanan hingga pendistribusian logistik.

Termasuk bekoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait dengan mitigasi cuaca. Nantinya, armada untuk keperluan pendistribusian logistik pemilu juga akan dipilih penyedia angkutan yang aman sampai tingkat kecamatan.

Karena distribusi logistik akan dilakukan pada bulan Januari-Februari 2024 nanti yang diprediksi juga sudah masuk pada musim penghujan. "Sehingga hambatan cuaca ini juga harus diantisipasi," jelas Maskup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement