Rabu 25 Oct 2023 08:22 WIB

Festival Anak Lereng Merapi, Bupati Ajak Pentingnya Pendidikan Karakter Sejak Dini

Kustini berpesan bahwa pendidikan karakter sejak usia dini penting untuk ditanamkan.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menghadiri Festival Anak Lereng Merapi dalam rangka Hari Jadi Kalurahan Hargobinangun ke-77, di Kampoeng Mahoni Hargobinangun Pakem, Selasa (24/10/2023).
Foto: Humas Pemkab Sleman
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menghadiri Festival Anak Lereng Merapi dalam rangka Hari Jadi Kalurahan Hargobinangun ke-77, di Kampoeng Mahoni Hargobinangun Pakem, Selasa (24/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menghadiri Festival Anak Lereng Merapi dalam rangka Hari Jadi Kalurahan Hargobinangun ke-77, di Kampoeng Mahoni Hargobinangun Pakem, Selasa (24/10/2023). Acara tersebut diikuti 600 anak-anak usia PAUD hingga Sekolah Dasar se-Kalurahan Hargobinagun dan sekitarnya.

Kustini berpesan bahwa pendidikan karakter sejak usia dini penting untuk ditanamkan kepada anak. Menurutnya usia kanak-kanak merupakan momen yang tepat untuk mengoptimalkan berbagai minat dan bakat anak sehingga maju berkembang menjadi generasi yang cerdas berakhlak mulia sehingga generasi penerus mampu mewujudkan Indonesia Emas tahun 2045.

Baca Juga

"Usia dini merupakan momentum golden age yang jika terlewatkan tidak akan dapat diulang kembali. Pemberian kesempatan dan pendidikan karakter sejak usia dini dapat mengoptimalkan kreativitas dan menentukan keberhasilan perkembangan anak selanjutnya sehingga generasi muda dapat mewujudkan Indonesia Emas 2045," kata Kustini dalam keterangannya, Selasa (24/10/2023).

Ia berharap melalui festival ini, anak-anak tertarik untuk melestarikan budaya dan seni tradisional. Disamping itu melalui festival ini kita ajak masyarakat untuk ikut serta merasa handarbeni berbagai budaya dan seni tradisional. 

 

Lurah Hargobinangun, Amin Sarjito melaporkan Festival Anak Lereng Merapi merupakan rangkaian Hari Jadi Hargobinangun ke-77 sekaligus upaya melibatkan seluruh kelompok masyarakat termasuk anak-anak usia dini. Festival ini diikuti kurang lebih 600 anak-anak yang berasal dari SPS, TK, dan SD yang ada di Hargobinangun Pakem dan sekitarnya

"Kami melibatkan seluruh warga tidak terkecuali anak-anak kita untuk lebih mengenalkan potensi keberagaman budaya di Hargobinangun dan Sleman. Mudah-mudahan anak-anak kita dapat meneruskan melestarikan budaya melalui Festival ini," ucapnya.

Festival Anak Lereng Merapi dimeriahkan dengan dengan defile dari masing-masing SPS, TK maupun SD dilanjutkan penampilan tarian tradisional persembahan dari masing-masing Kelompok. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement