Kamis 26 Oct 2023 13:13 WIB

Perlukah Mahasiswa Punya Rencana Menyusun Karir?

Mahasiswa perlu mengetahui passion dari diri masing-masing.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Yusuf Assidiq
Ilustrasi Mahasiswa
Foto: Pixabay
Ilustrasi Mahasiswa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mahasiswa disebut perlu melakukan aktivitas selama perkuliahan sebagai salah satu pertimbangan utama dalam proses perekrutan oleh perusahaan. Selain itu, penting juga bagi mahasiswa untuk memiliki rencana dalam menyusun karir ke depan setelah lulus dari dunia perkuliahan.

“Mahasiswa yang aktif dalam berbagai organisasi atau yang sering menjuarai kompetisi memiliki nilai tambah dibandingkan dengan mahasiswa yang hanya fokus pada rutinitas kuliah,” ujar Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Malang, Heny Kusdiyanti, Kamis (26/10/2023).

Hal itu dia sampaikan dalam kegiatan yang digelar oleh APP Group, yakni program perekrutan alumni di berbagai perguruan tinggi dalam upaya mendukung pembangunan sumber daya manusia di Indonesia. Universitas Negeri Malang menjadi salah satu perguruan tinggi yang disambangi oleh APP Group.

Selain Universitas Negeri Malang, APP Group juga melakukan kegiatan serupa di Institut Teknologi Bandung, Universitas Negeri Malang, Universitas Katolik Widya Mandala, Universitas Sriwijaya, Universitas Katolik Soegijapranata, Universitas Negeri Semarang, Universitas Sumatera Utara, Universitas Katolik Atma Jaya, Institut Pertanian Stiper, dan Universitas Gadjah Mada.

Sekretaris Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi Universitas Negeri Semarang Mohamad Ikhwan Rosyidi menekankan betapa pentingnya bagi mahasiswa untuk memiliki rencana dalam menyusun karir ke depannya. Menurut dia, mahasiswa perlu mengetahui passion dari diri masing-masing dan ke arah mana nantinya ingin mengembangkan karir mereka.

“Event yang diadakan oleh APP ini merupakan sesi yang sangat bagus bagi mahasiswa untuk menyadari betapa pentingnya memiliki career planning ke depannya. Di samping itu, event hari ini sebagai penanda mulainya hubungan kerja sama antara Unnes dengan APP,” ujar Ikhwan.

Terpisah, Direktur APP, Suhendra Wiriadinata mengungkapkan, talenta muda adalah kunci masa depan industri. Dia juga menekankan pentingnya kolaborasi antara industri dan dunia pendidikan.

Sebab, pihaknya mendukung visi pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. “Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat memberikan kesempatan kepada lulusan terbaik untuk berkontribusi secara aktif dalam industri dan pembangunan nasional," terang Suhendra.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan para alumni mendapat kesempatan yang lebih luas untuk berkarir di APP. Sekaligus mendukung visi pembangunan sumber daya manusia yang handal dan kompeten bagi masa depan Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement