Jumat 27 Oct 2023 08:34 WIB

Peringati Sumpah Pemuda, Festival IAK akan Digelar Serentak di Enam Kota

Festival IAK di enam kota ini akan terpusat di Alun-Alun Kota Madiun.

Rep: WIlda Fizriyani/ Red: Fernan Rahadi
Festival Indonesia Adalah Kita (IAK) 2023 akan berlangsung serentak di enam kota di Jawa Timur (Jatim) dan Jawa Tengah (Jateng) pada Sabtu 28 Oktober 2023.
Foto: dokpri
Festival Indonesia Adalah Kita (IAK) 2023 akan berlangsung serentak di enam kota di Jawa Timur (Jatim) dan Jawa Tengah (Jateng) pada Sabtu 28 Oktober 2023.

REPUBLIKA.CO.ID,  MALANG -- Ada banyak cara untuk melakukan peringatan Hari Sumpah Pemuda di Indonesia. Salah satu caranya dapat dilakukan dengan mengadakan Festival Indonesia Adalah Kita (IAK) 2023 yang akan berlangsung serentak di enam kota di Jawa Timur (Jatim) dan Jawa Tengah (Jateng) pada Sabtu 28 Oktober 2023.

Koordinator 76 Heppiii Community, Ronald Theo Lesmana menjelaskan, Festival IAK 2023 digelar oleh komunitas dengan menghadirkan berbagai macam kreasi, keahlian, dan beragam kolaborasi yang melibatkan generasi muda di enam kota terpilih. Pemilihan enam kota yaitu Pasuruan, Sidoarjo, Madiun, Solo, Semarang, dan Purwokerto dilatarbelakangi keinginan agar generasi muda perkotaan kembali mengambil peran penting. "Terutama dalam berbagai kegiatan di masyarakat," katanya.

Dengan tagar ‘STOP BODO AMAT, JADILAH MANFAAT, STOP GENGSI, BANYAKIN AKSI’, Festival IAK 2023 akan diramaikan dengan hiburan musik dari sejumlah band nasional dan daerah. Beberapa band ternama yang akan dihadirkan seperti Superman is Dead (SID), NTRL, Tipe X, Shaggydog, Anji, Endank Soekamti, Kangen Band. Selain itu, turut juga dimeriahkan oleh FSTVLST, Rebellion Rose, Arlida Putri, Lala Widy, Jihan Audy, Klantink yang akan menjadi penghibur di setiap kota. 

Untuk mewadahi kreativitas generasi mudanya, di setiap kota juga akan di gelar berbagai aktivitas. Beberapa di antaranya seperti panggung kesenian daerah, bazaar UMKM kuliner & produk kreatif, lomba kreasi mural/grafiti, eksibisi komunitas BMX, skateboard dan b-boy/street dance. 

Menurut Ronald, generasi muda adalah harapan dan masa depan bangsa. Hal inu terutama generasi muda di perkotaan yang sudah akrab dengan digitalisasi. Kondisi ini membuat hampir semua anak-anak muda di berbagai kota dengan mudah terhubung satu dengan yang lainnya.  

Melalui Festival IAK 2023 ini, 76 Heppiii Community berharap dapat mendorong peningkatan kemampuan, kreativitas, inovasi serta kolaborasi di antara generasi muda tersebut. Itu sebabnya, Ronald mengajak generasi muda di berbagai kota dapat hadir dan ikut berpartisipasi langsung. 

Festival IAK di enam kota ini akan dipusatkan di Alun-Alun Kota Madiun dan Lapangan Parkir GOR Untung Suropati Pasuruan. Kemudian juga di halaman parkir seberang Transmart Sidoarjo lalu di Jawa Tengah ada di Purwokerto yang berlokasi di Menara Pandang Teratai. "Kemudian di Semarang yang bertempat di Sam Poo Kong dan Solo bertempat di Pamedan Pura Mangkunegaran," kata dia menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement