Ahad 29 Oct 2023 22:41 WIB

Bondowoso Diterjang Hujan Deras dan Angin Kencang, Pohon Bertumbangan

Empat desa terdampak akibat peristiwa tersebut.

Hujan lebat dan angin kencang tersebut menyebabkan pohon tumbang dan menimpa rumah warga di Bondowoso, Jawa Tengah.
Foto: Dok BNPB
Hujan lebat dan angin kencang tersebut menyebabkan pohon tumbang dan menimpa rumah warga di Bondowoso, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, BONDOWOSO -- Empat desa di dua kecamatan di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur diterjang hujan lebat yang disertai angin kencang, Kamis (26/10/2023) pukul 23.40 WIB. Hujan lebat dan angin kencang tersebut menyebabkan pohon tumbang dan menimpa rumah warga.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Ph.D, dalam laporan tertulisnya mengatakan, pohon tumbang juga menutup akses jalan serta merusak beberapa fasilitas umum. Satu orang dilaporkan mengalami luka ringan akibat peristiwa tersebut.

Berdasarkan laporan yang dihimpun Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB yang terbit pada Sabtu (28/10) pukul 07.00 WIB, empat desa terdampak yaitu, Desa Grujugan Kidul, Desa Tegal Jimin dan Desa Pejagan yang terletak di Kecamatan Grujugan serta Desa Jambeanom yang terletak di Kecamatan Jambesari. "Menurut data yang dihimpun, kerugian materil berupa, 4 unit rumah rusak sedang dan 47 unit rumah rusak ringan," tulis keterangan dari BNPB.

BPBD setempat memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, meskipun 22 kepala keluarga atau 104 warga terdampak dari kejadian tersebut. Pascakejadian tersebut, BPBD Kabupaten Bondowoso melakukan assesmen serta berkoordinasi dengan aparat dan warga setempat guna melakukan pendataan dan pembersihan sisa material yang berserakan di sebagian besar wilayah terdampak. Sampai saat ini diinformasikan kondisi berangsur kondusif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement