Selasa 31 Oct 2023 07:58 WIB

Pengadilan Tolak Permintaan Surat Penggeledahan Catatan Komunikasi G-Dragon

Sebelumnya, jaksa meminta surat perintah dari Pengadilan Distrik Incheon.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
G-Dragon.
Foto: EPA/CAROLINE BLUMBERG
G-Dragon.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Unit Investigasi Narkotika Polisi Incheon baru-baru ini meminta surat perintah penggeledahan untuk catatan komunikasi G-Dragon atau Kwon Jiyoung, menyusul dugaan pelanggaran narkoba. Namun, upaya tersebut terbukti sia-sia karena Pengadilan Distrik Incheon menolak surat perintah tersebut, dengan alasan tidak cukup bukti adanya kejahatan.

Menurut sumber hukum dan kepolisian, pada 30 Oktober, Unit Investigasi Narkotika Kepolisian Incheon mengajukan surat perintah penggeledahan atas catatan komunikasi G-Dragon atas dugaan pelanggaran narkoba berdasarkan undang-undang pengendalian narkoba.

Dilansir di Allkpop, Senin (30/10/2023) disebutkan, setelah meninjau hal ini, jaksa meminta surat perintah dari Pengadilan Distrik Incheon. Namun, pengadilan menolak surat perintah penggeledahan dengan alasan 'tidak cukup bukti adanya kejahatan.'

Artinya, masih belum ada kepastian pasti terkait penggunaan narkoba yang dilakukan Kwon berdasarkan keterangan yang diperoleh polisi.

Oleh karena itu, polisi berencana untuk mengajukan kembali surat perintah penggeledahan catatan komunikasi dan melakukan penyelidikan lebih lanjut. Polisi percaya bahwa mengamankan catatan komunikasi Kwon akan membantu mengonfirmasi hubungannya dengan individu tertentu, termasuk 'ruang keanggotaan salon' di distrik Gangnam Seoul.

Sebelumnya, G-Dragon melalui kuasa hukumnya menyatakan dirinya tidak memiliki riwayat penggunaan narkoba. Seorang pejabat polisi menyatakan, "Karena kami harus mengajukan kembali surat perintah penggeledahan, penyelidikan terhadap Kwon mungkin agak tertunda."

Sementara itu, penyelidikan terhadap aktor Lee Sun Gyun, yang diduga melakukan pelanggaran ganja dan obat-obatan sintetis berdasarkan undang-undang pengendalian narkoba yang sama, telah mendapatkan momentum.

Ponsel Lee Sun Gyun disita saat dia muncul di polisi. Pihak berwenang sedang memeriksa catatan panggilan dan melakukan forensik digital untuk memastikan apakah perangkat tersebut pernah menjadi milik Lee Sun Gyun sebelumnya dan apakah ada upaya untuk menghapus data.

Selanjutnya, polisi mengirimkan sampel urin dan rambut Lee Sun Gyun ke Institut Investigasi Ilmiah Nasional untuk dianalisis secara mendetail. Pada 28 Oktober, tes narkoba awal yang dilakukan pada sampel urinnya memberikan hasil negatif.

Sejalan dengan temuan tersebut, Lee membantah semua tuduhan terkait narkoba selama interogasi polisi. Di sisi lain, melalui pengacaranya, G-Dragon mempertahankan penolakannya terhadap tuduhan narkoba.

Kemudian, menegaskan partisipasi sukarela dalam proses penyelidikan, dan kesediaannya untuk menyerahkan semua materi yang diperlukan dan menjalani tes rambut dan urin yang diperlukan.

Perwakilan hukum G-Dragon dengan tegas menekankan, "Kami menyatakan niat kami untuk hadir secara sukarela bersama polisi dan bekerja sama secara aktif dalam penyelidikan."

"Dia secara sukarela menyerahkan semua informasi yang diperlukan untuk penyelidikan dan juga menyatakan kesediaannya untuk menjalani pemeriksaan rambut dan tes urine," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement