Senin 06 Nov 2023 15:04 WIB

Sejak 2022, Lahan Tanaman Cabai di Temanggung Bertambah 3.000 Hektare

Sejumlah lahan padi tergeser atau beralih ke tanaman cabai.

Anggota kelompok tani memanen cabai (ilustrasi)
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Anggota kelompok tani memanen cabai (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Potensi pergeseran dari lahan padi ke tanaman cabai di Temanggung sejak 2022 hingga sekarang mencapai 2.000-3.000 hektare. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Temanggung, Joko Budi Nuryanto.

"Tanaman padi kita tinggal 18 ribu sampai 21 ribu hektare per tahun karena tergeser atau beralih ke tanaman cabai," katanya di Temanggung. Luas tanaman cabai setahun 11 ribu hektare, apalagi didukung harga cabai yang relatif tinggi dalam setahun ini.

Ia menyampaikan, padi setiap tiga bulan harus ganti, cabai sekarang bisa sampai delapan bulan tanam sekali, empat bulan awal dia sudah balik modal.

"Bulan-bulan berikutnya itu tinggal caranya siklus saja, saya pun tidak galau kalau kemudian terjadi perbedaan itu, sepanjang komoditas yang ditanam itu mempunyai nilai ekonomi," ujarnya.

Menurutnya, karena di ketahanan pangan itu selain berbicara cadangan pangan, stok pangan juga ada distribusi pangan. "Tidak hanya dari kita artinya panen cabai itu berarti beli dari luar memang risiko dia lebih mahal karena ada angkutan dan sebagainya," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement