Kamis 09 Nov 2023 06:26 WIB

Jokowi akan Bertemu Presiden AS Pekan Depan

Undangan Biden untuk Jokowi sudah disampaikan sejak beberapa bulan lalu.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Fernan Rahadi
Presiden Jokowi bertemu Presiden AS Joe Biden di lokasi KTT G20 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin (14/11/2022).
Foto: Dok Setkab
Presiden Jokowi bertemu Presiden AS Joe Biden di lokasi KTT G20 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin (14/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Washington DC, Amerika Serikat pada Senin (13/11/2023) mendatang. Menurut Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana, undangan Biden untuk kunjungan Jokowi tersebut sudah disampaikan sejak beberapa bulan yang lalu. 

"Ya, memang Presiden Joe Biden mengundang Presiden Jokowi untuk kunjungi Washington DC, 13 November 2023. Undangan ini sudah disampaikan beberapa bulan yang lalu," kata Ari kepada wartawan, dikutip pada Kamis (9/11/2023). 

Baca Juga

Terkait isu apa yang akan dibahas dalam pertemuan bilateral tersebut, Ari meminta agar menunggu penjelasan dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. "Nanti saja ya. Pasti akan di-update oleh Bu Menlu," ujarnya. 

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan menantikan kunjungan Jokowi ke Washington pada November mendatang. Hal ini disampaikan Biden saat melakukan perbincangan singkat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sela-sela perhelatan KTT G20 yang berlangsung di New Delhi, India. 

 

"Presiden Biden menantikan kedatangan Presiden Jokowi di Washington DC. untuk pertemuan bilateral di Gedung Putih pada bulan November ini, dan juga menyambut Presiden Jokowi di San Francisco dalam rangka menghadiri Pekan Pemimpin Ekonomi APEC,” kata Kedutaan Besar (Kedubes) AS untuk Indonesia dalam keterangan persnya, Senin (11/9/2023). 

Kunjungan Jokowi ke Amerika Serikat tersebut juga bertepatan dengan penyelenggaraan KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) pada 12-18 November di San Francisco. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement