Jumat 10 Nov 2023 08:45 WIB

Tak Hanya Indah, Ini Manfaat Tanaman Tabebuya yang Perlu Diketahui

Pertumbuhan pohon ini cukup cepat dan bersifat ekspansif.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Pohon Tabebuya yang bunganya bermekaran.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pohon Tabebuya yang bunganya bermekaran.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Saat ini, tanaman tabebuya tengah menampakkan keindahannya. Memiliki bunga berbentuk terompet serta warna yang cerah, tanaman ini menjadi daya tarik unik di beberapa kota di Indonesia.

Tak hanya cantik, tanaman ini ternyata juga memiliki banyak manfaat tersembunyi yang jarang diketahui masyarakat. Pakar Agribisnis Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Untung Santoso menyampaikan, tak hanya sebagai tanaman hias, berbagai bagian dari tabebuya memiliki banyak manfaat.

Menurut dia, tanaman ini sebenarnya bukan tanaman hias. Namun karena memang sangat indah sehingga banyak orang yang mengira seperti itu. "Padahal banyak bagian tanaman ini yang bermanfaat termasuk bunga dan batangnya," kata pria disapa Untung tersebut.

Bagian batang kayu tabebuya yang cenderung lunak cocok untuk digunakan berbagai kebutuhan masyarakat yang memerlukan kayu ringan. Di antaranya pembuatan beberapa jenis furniture, pegangan perabot, hingga berbagai jenis kerajinan berbahan dasar kayu.

Batang tanaman tabebuya ini cenderung mudah diolah. Sebab itu, di beberapa negara, tanaman ini justru menjadi salah satu pilihan utama untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait perabotan menggunakan kayu ringan.

Tabebuya memiliki karakteristik batang yang cenderung lunak sehingga sangat cocok untuk kebutuhan masyarakat yang tidak membutuhkan kayu yang terlalu berat dan keras. Meskipun demikian, perlu waspada karena seringkali batang pohon tabebuya berlubang karena serangga maupun rayap.

Selain itu, bunga tabebuya dapat digunakan untuk bahan dasar obat-obatan. Kandungan naphtoquinone bila diproses dengan tepat dapat menjadi salah satu media yang efektif dalam mengobati penyakit malaria.

Bunga tabebuya juga dapat digunakan sebagai imun booster atau berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Dengan demikian, tidak mudah terserang penyakit, serta berbagai manfaat tanaman tabebuya lainnya.

Di akhir, Untung menyampaikan bahwasanya tanaman ini termasuk tanaman yang mudah tumbuh, utamanya di daerah Indonesia. Oleh karena itu, bagi masyarakat yang membutuhkan karateristik kayu yang lunak untuk berbagai keperluan, tabebuya dapat menjadi salah satu pilihannya.

Menurut dia, pertumbuhan pohon ini cukup cepat dan bersifat ekspansif. Sebab itu, ini dianggap mampu ‘menggusur’ tanaman yang ada di sekitarnya.

Jika semakin banyak menyebar, tabebuya bisa jadi bunga endemik khas Indonesia. "Oleh karena itu, penggunaan dan penanaman secara bijak menjadi kunci optimalisasi manfaat bunga asal Brasil ini,” ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement