Jumat 22 Oct 2021 15:21 WIB

Tabebuya Dipoplerka Lewat Lomba Foto dan Video

Lomba ini menstimulasi kreativitas anak-anak muda di Kota Surabaya.

Pejalan kaki melintas dengan latar belakang pohon Tabebuya (ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pejalan kaki melintas dengan latar belakang pohon Tabebuya (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  SURABAYA -- Wakil Wali Kota Surabaya Armuji mempopulerkan salah satu ikon baru Kota Surabaya berupa pohon Tabubeya dengan bunganya yang berwarna-warni di jalan-jalan protokol melalui lomba foto dan video. "Pak Eri Cahyadi (Wali Kota Surabaya) dan saya mengucapkan terima kasih atas peran serta dan kesadaran berbagai pihak yang telah membantu Surabaya menjadi kota dunia yang humanis, salah satunya Tabebuya yang menjadi ikon kota," kata Armuji.

Armuji menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba foto dan videografi dengan tema "Surabaya dan Tabebuya" di Balai Kota Surabaya, Jumat (22/10). Armuji menyebut dalam beberapa hari terakhir Surabaya mendapatkan berkah yang luar biasa. Di antaranya Kota Surabaya berhasil meraih penghargaan ASEAN Environtmentally Sustainable City (ESC) kategori Udara Terbersih Kota Besar. Lewat penghargaan tersebut, lanjut dia, Kota Surabaya diakui sebagai kota yang memiliki udara terbersih se-ASEAN atau Asia Tenggara.

Baca Juga

Ia juga menyebutkan bahwa lomba foto dan video dengan tema Tabebuya tersebut juga menstimulasi kreativitas anak-anak muda di Kota Surabaya sehingga bisa memotret keindahan kota dan diviralkan melalui media sosial sehingga Surabaya makin dikenal dunia. "Sejak zaman Wali Kota Pak Bambang DH, Bu Risma dan dilanjutkan oleh Pak Eri dan saya, Surabaya sebagai kota metropolitan tidak meninggalkan aspek kelestarian dan keindahan lingkungan. Jadi pembangunannya seimbang," ujarnya.

Salah satu pemenang lomba Juara I Videografi Rohmat Darmawan menyatakan apresiasi terhadap Wawali Armuji yang memberikan ruang kaum milenial untuk berekspresi dengan mengeksplorasi keindahan kota. "Tabebuya indah apabila di potret pada pagi hari dan senja, komposisi cahayanya pas," kata Rohmat sembari menjelaskan teknik pengambilan video.

 

Diketahui ada delapan orang pemenang dimana setiap jenis lomba terdapat empat kategori yaitu Juara 1 , Juara 2 , Juara 3 dan Harapan. Untuk Lomba Foto Juara 1 Rizky Frendika Aditya, Juara 2 Muhammad Isya Arifin, Juara 3 Febri Ayu Ristanti dan Harapan Ade Aritanto.

Untuk Lomba video Juara 1 dimenangkan oleh Rohmat Darmawan, Juara 2 Muhammad Dhanial, Juara 3 Adinda Amalia Rahma dan Juara Harapan oleh Fernina Septin Cahya Dewanti. Masing masing kategori juara mendapatkan sejumlah uang tunai untuk lomba foto juara 1 Rp 1,5 juta, Juara 2 Rp 1 juta, Juara 3 Rp 500 ribu dan Juara Harapan Rp 150.000. Sedangkan Lomba Video Juara 1 Rp 3 juta, Juara 2 Rp 2 juta, Juara 3 Rp 1 juta dan Juara Harapan Rp 500 ribu.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement