Senin 13 Nov 2023 09:31 WIB

Jelang Pemilu 2024, Polisi Minta Masyarakat Perkuat Siskamling

Suyudi menyampaikan situasi Kamtibmas di Jakarta sangat dinamis pada tahun politik.

Rep: Ali Mansur/ Red: Fernan Rahadi
Ilustrasi Pemilu
Foto: republika/mgrol100
Ilustrasi Pemilu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  — Menjelang pesta demokrasi pemilihan umum (Pemilu) 2024 Polda Metro Jaya meminta masyarakat untuk memperkuat sistem keamanan lingkunhan alias Siskamling. Diharapkan petugas Siskamling bisa menjadi penyaring informasi yang baik di tahun politik ini. Permintaan itu disampaikan oleh Wakapolda Metro Jaya Brigen Suyudi Ario Seto.

"Kami dapat pahami itu, adanya beberapa kelompok yang bertanding dan membela semua argumennya masing-masing. Yang paling penting adalah ketahanan masyarakat, bagaimana masyarakat mampu menerima beberapa informasi," ujar Suyudi dalam keterangannya, Ahad (12/11/2023) 

Baca Juga

Suyudi menyampaikan situasi Kamtibmas di Jakarta sangat dinamis pada tahun politik ini. Kelompok simpatisan saling membela argumennya atas pilihannya masing-masing. Dia juga meminta petugas Siskamling menjadi agen dalam memfilter informasi di tengah era digitalisasi saat ini. Kata dia, sekarang bagaimana masyarakat menangkap berita-berita yang berada dalam genggaman kita. 

"Pada prinsipnya seperti itu, Alhamdulillah wilayah DKI Jakarta masih dalam keadaan aman, TNI-Polri berada di garda terdepan dalam membuat situasi yang aman," tutur Suyudi.

Sebelumnya, untuk persiapan peningkatan pengamanan jelang Pemilu 2024, Polda Metro Jaya menggelar Apel besar Pengamanan Swakarsa, Potmas (Potensi Masyarakat) dan Ormas di lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu (4/11/2023) lalu. Memimpin Apel, Suyudi Ario Seto mengatakan, seluruh komponen harus sudah siap ketika rangkaian pemilu berjalan, sehingga segala potensi konflik bisa ditekan.  

"Hal ini dalam rangka meningkatkan pengamanan swakarsa di mana Polri tidak bisa berdiri sendiri, tidak bisa bekerja sendiri, kita sangat membutuhkan dukungan dari segenap komponen masyarakat terutama menjelang pesta demokrasi Pemilu 2024 ini," jelas Suyudi. 

Suyudi berharap pihaknya bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat sampai dengan hari pencoblosan. Oleh karena itu, butuh keterlibatan seluruh komponen masyarakat demi mewujudkan situasi yang kondusif. Sehingga tidak hanya sekadar menggelar apel saja, tapi bagian dari penyampaian kepada masyarakat bahwa Polda Metro Jaya siap untuk menjaga Jakarta menciptakan rasa aman dan nyaman khususnya di dalam pesta demokrasi pemilu 2024.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement