Rabu 15 Nov 2023 13:57 WIB

Prakiraan BMKG: Laut Selatan Jabar-DIY Segera Masuki Musim Angin Baratan

Peningkatan tinggi gelombang laut saat musim angin baratan sering terjadi tiba-tiba.

Gelombang tinggi di Pantai Depok, Bantul, DI Yogyakarta.
Foto: ANTARA/Hendra Nurdiyansyah
Gelombang tinggi di Pantai Depok, Bantul, DI Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprakirakan bagian wilayah Samudra Hindia, khususnya laut selatan Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah, hingga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), memasuki musim angin baratan pada Desember 2023.

"Saat ini masih berlangsung musim angin timuran, pola angin masih dari tenggara hingga selatan dan kadang dari selatan hingga barat atau masih bervariasi," kata Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (15/11/2023).

Secara klimatologis, dia mengatakan, angin baratan sudah mulai aktif pada Desember dan biasanya berlangsung hingga Maret. Selama musim angin baratan dari Desember sampai Maret, biasanya banyak bermunculan tekanan rendah atau bibit badai tropis di belahan bumi selatan.

"Hal itu berdampak terhadap peningkatan aktivitas cuaca di belahan bumi selatan, seperti hujan lebat, petir, angin kencang, dan kombinasi dari tiga aktivitas cuaca tersebut," kata dia menambahkan.

 

Selain itu, aktivitas tekanan rendah di belahan bumi selatan berdampak pada peningkatan tinggi gelombang di Samudra Hindia. Ia mengatakan, musim angin baratan lebih berbahaya dibandingkan dengan musim angin timuran.

Kondisi tersebut karena peningkatan tinggi gelombang laut saat musim angin baratan sering kali terjadi tiba-tiba dan disertai hujan dan angin kencang atau badai.

"Oleh karena itu, kami mengimbau seluruh pengguna jasa kelautan untuk selalu memantau prakiraan cuaca serta memerhatikan risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran," ujarnya.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement