Kamis 16 Nov 2023 14:41 WIB

Gandeng Taspen, Gibran Berencana Hadiri Ground Breaking Ratusan Rumah untuk ASN

Rumah yang disediakan untuk ASN tersebut berjumlah ratusan unit.

Rep: Muhammad Noor Alfian/ Red: Yusuf Assidiq
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.
Foto: Republika/ Alfian Choir
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengatakan akan menghadiri acara ground breaking ASN Housing Taspen di Plesungan, Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (17/11/2023) besok. Hal tersebut diungkapkan Gibran ketika ditemui di Balai Kota Solo, Kamis (16/11/2023).

"Ini coba dijadwalkan dulu njeh," katanya. Kendati demikian, putra sulung Presiden Jokowi tersebut tak memerinci berapa rumah ASN yang akan dilakukan ground breaking besok.

"Besok dilihat aja ya pas ground breaking," ujar dia. Seperti diketahui, PT Taspen dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo resmi menandatangani nota kesepakatan atas kerja sama program hunian untuk para aparatur sipil negara (ASN) di Balai Kota Solo, Kamis (10/11/2022) lalu.

Tujuannya adalah untuk mengakomodasi mayoritas ASN di Solo yang belum memiliki hunian atau huniannya di luar Kota Solo. Di sisi lain, menurut data yang diberikan oleh Corporate Secretary PT TASPEN, Yoka Krisma Wijaya, rumah yang disediakan untuk ASN tersebut berjumlah ratusan unit.

 

Sedangkan letaknya berada di empat titik. Mulai dari Banjarsari Solo, Gondangrejo Karanganyar, Karangmojo Karanganyar, Jeruksawit Gondangrejo Karanganyar. Berikut daftar jumlah rumah komersial dan subsidi.

Di Desa Plesungan Karanganyar ada 40 unit rumah komersial 40. Sedangkan rumah subsidi di Jeruksawit, Gondangrejo, ada 120 unit.

Kemudian di Banjarsari Solo ada 83 unit. Dari kesemuanya adalah rumah komersil. Selanjutnya di Karangmojo, Karanganyar ada 120-135 unit. Adapun rumah subsidi 120 unit hingga 135 unit di Karangmojo, Karanganyar.

Harga yang dibanderol untuk rumah subsidi setiap unitnya berkisar Rp 162 juta. Namun, harga untuk rumah komersil per unitnya dari kisaran Rp 300 juta hingga Rp 650 juta.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement