Sabtu 18 Nov 2023 15:18 WIB

Uhamka Beri Penghargaan Lifetime Achievement untuk Bang Onim

Bang Onim mengungkapkan untuk menjadi relawan butuh keseriusan.

Relawan Indonesia di Palestina, Abdillah Onim atau Bang Onim saat berbicara pada acara Milad ke-66 Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka), Sabtu (18/11/2023).
Foto: dokpri
Relawan Indonesia di Palestina, Abdillah Onim atau Bang Onim saat berbicara pada acara Milad ke-66 Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka), Sabtu (18/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merayakan milad yang ke-66 sekaligus milad Muhammadiyah ke-111, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) memberikan penghargaan kepada  relawan Indonesia di Palestina Abdillah Onim. Pria yang akrab dipanggil Bang Onim itu merupakan alumni Fakultas Agama Islam (FAI) Uhamka. 

Didampingi oleh putrinya, Bang Onim mendapatkan Penghargaan setinggi-tingginya yakni lifetime achievement. Hal ini bentuk rasa bangga kepada alumni yang sudah menerapkan nilai dasar Uhamka yakni integrity, trust, and compassion.

Dalam hal ini Uhamka juga memberikan bantuan dana sebesar 50 juta rupiah untuk dikirimkan ke Palestina melalui Bang Onim di samping bantuan untuk Palestina melalui Lazismu. 

Bang Onim mengatakan bahwa sebagai relawan yang berangkat ke Palestina butuh keseriusan dengan menjiwai menjadi seorang aktivis kemanusiaan. Menurutnya, hal yang harus dilakukan oleh masyarakat terkhusus Uhamka adalah mengirimkan banyak doa untuk saudara yang berada di Palestina karena di dalam doa terdapat kekuatan yang dahsyat. 

"Selain doa, kita bisa memberikan donasi kepada mereka. Namun donasi pun tidak cukup, kita juga harus memberikan edukasi sehingga masyarakat Indonesia bahkan Uhamka tertarik akan sejarah Palestina. Harapan saya untuk Uhamka yang sudah berusia ke-66 dapat sukses selalu dan memberikan manfaat untuk masyarakat, bangsa, dan negara," ujar Bang Onim dalam siaran pers, Sabtu (18/11/2023). 

Di lain pihak, Rektor Uhamka Prof Gunawan Suryoputro menuturkan bahwa hadirnya Bang Onim dapat memberikan motivasi untuk berkontribusi kepada negara dan dunia yang sesuai dengan tema Milad Uhamka yaitu Uhamka Mendidik, Ikhtiar Menyelamatkan Semesta. 

"Bang Onim adalah Hamka muda yang luar biasa, jiwa kepedulian, integritas menjadi semangat juang yang tiada lelah bertahan di Palestina. Uhamka sangat bangga dan mengapresiasi kepada Bang Onim," kata Prof Gunawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement