Ahad 19 Nov 2023 22:55 WIB

Kecelakaan di Perlintasan tak Dijaga di Lumajang, Minibus Tertabrak KA Probowangi

Minibus dan penumpangnya dievakuasi oleh petugas kepolisian bersama warga.

Rep: Muhammad Noor Alfian/ Red: Yusuf Assidiq
Polisi memeriksa mobil yang tertabrak kereta api (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Erlangga
Polisi memeriksa mobil yang tertabrak kereta api (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG -- Terjadi kecelakaan di perlintasan kereta api dengan sebuah minibus di perlintasan kereta api yang tak terjaga di kilometer 137+9 petak jalan antara Stasiun Randuagung - Klakah, Lumajang, Jatim. Kejadian itu dikonfirmasi oleh Daop 9 Jember.

Adapun kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 19.53 WIB. "Ahad, 19 November 2023 sekira pukul 19.53 Wib masinis Kereta Api (KA) Probowangi relasi Ketapang – Surabaya Gubeng melaporkan bahwa kereta api yang dioperasikannya telah ditemper oleh sebuah mini bus di perlintasan kereta api tidak terjaga," kata Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Anwar Yuli Prastyo, Ahad (19/11/2023).

Pihaknya menyesalkan atas terjadinya insiden itu dan mengimbau masyarakat pengguna kendaraan yang akan melintas di perlintasan sebidang KA, untuk selalu berhati-hati. Sesuai UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 114, pengguna jalan wajib mendahulukan kereta api dan memberikan hak utama pada kendaraan yang lebih dahulu melintas rel.

"Pastikan aman sebelum melintasi rel kereta api dengan berhenti sejenak, tengok kanan dan kiri serta memastikan tidak ada kereta yang mendekat,” kata Anwar.

Pihaknya juga mengatakan akibat dari insiden tersebut KA Probowangi sempat berhenti untuk dilakukan pemeriksaan guna memastikan bahwa kereta api masih aman untuk melanjutkan perjalanan.

Akibat dari peristiwa tersebut KA Probowangi mengalami kelambatan 13 menit berangkat dari lokasi. "Sedangkan untuk minibus dan penumpangnya dievakuasi oleh petugas kepolisian bersama warga," ujarnya.

Hingga berita ini ditulis belum diketahui berapa jumlah korban dari insiden tersebut. Belum diketahui juga apakah ada korban jiwa hingga kronologis lengkap insiden tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement