Jumat 01 Dec 2023 15:47 WIB

Libur Akhir Tahun, Pertamina Patra Niaga JBT Kembali Siagakan Satgas Nataru

Sesuai rencana, Satgas Nataru bakal bersiaga penuh selama satu bulan.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Pengisian Bahan Bakar Minyak di SPBU Pertamina (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Rony Muharrman
Pengisian Bahan Bakar Minyak di SPBU Pertamina (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Menyambut momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (libur akhir tahun), Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) bakal menyiagakan kembali Satuan Tugas (Satgas) Nataru.

Satgas ini akan mengawal dan memastikan pemenuhan kebutuhan BBM, elpiji, dan avtur pada masa liburan akhir tahun, di wilayah kerja Jawa Tengah serta Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pjs Area Manager Communication Relation & CSR Petamina Patra Niaga Regional JBT, Marthia Mulia Asri mengungkapkan, Pertamina Patra Niaga JBT mulai mempersiapkan Satgas Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mulai 15 Desember 2023 mendatang.

“Sesuai rencana, Satgas Nataru nanti bakal bersiaga penuh selama satu bulan, terhitung mulai 15 Desember 2023 sampai 15 Januari 2024 mendatang,” ungkapnya, di Semarang, Jumat (1/12/2023).

 

Seperti halnya dengan Satgas Nataru tahun sebelumnya, lanjut Marthia, Pertamina Patra Niaga Regional JBT akan ada berbagai fasilitas tambahan untuk memberikan keandalan layanan kebutuhan masyarakat.

Baik untuk kebutuhan BBM, elpiji, maupun avtur bagi kebutuhan masyarakat yang akan merayakan Natal, Tahun Baru, maupun liburan akhir tahun yang diprediksi bakal mengalami lonjakan.

Khususnya, di jalur-jalur mudik maupun jalan tol yang diperkirakan akan meningkat volume pelayanannya di wilayah kerja Pertamina Patra Niaga Regional JBT.

“Termasuk juga penambahan buffer stock untuk melayani kebutuhan para pemudik maupun masyarakat yang akan melaksanakan Natal maupun liburan akhir tahun di wilayah Jateng dan DIY,” jelasnya.

Kendati begitu, Marthia belum penyampaikan secara rinci berapa estimasi maupun prediksi lonjakan kebutuhan BBM, elpiji, dan avtur untuk kebutuhan Nataru 2024 di Jateng dan DIY nanti.

Namun demikian, ia memastikan Pertamina Patra Niaga Regional JBT siap memberikan pelayanan bagi konsumsi dan kebutuhan BBM, elpiji, dan avtur dalam menghadapi Natal dan masa libur akhir tahun di Jateng dan DIY.

Berdasarkan data Republika, selama liburan akhir tahun (Natal 2022 dan Tahun Baru 2023), konsumsi BBM, elpiji, dan avtur di wilayah Jateng dan DIY mengalami lonjakan jika dibandingkan dengan masa liburan akhir tahun periode 2021/2022.

Pertamina Regional JBT mencatat sejak 15 Desember 2022 hingga Ahad 1 Januari 2023 konsumsi BBM, elpiji, dan avtur mengalami lonjakan.

Puncak konsumsi BBM jenis Gasoline di Jateng dan DIY terjadi di 27 Desember 2022 yang meningkat hingga 17 persen dari rerata konsumsi harian atau naik dari 12.613 kiloliter (KL) per hari menjadi 14.722 KL per hari.

Sementara puncak konsumsi elpiji terjadi pada 26 Desember 2022, yang mencapai 4.931 metrik ton per hari dan 4.835 metrik ton per hari. Sedangkan untuk konsumsi avtur mencapai 74 persen per hari terjadi pada 16 Desember 2022 atau 321 KL per hari.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement