Sabtu 02 Dec 2023 15:56 WIB

Enam Tim Bersaing Raih Juara Liga 1 Esports Nasional 2023

Seri Liga 1 sebelumnya telah digelar di empat kota.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Yusuf Assidiq
Enam tim terbaik memperebutkan gelar juara di babak play-off Liga 1 Esports Nasional 2023 yang berlangsung di Mahaka Square, Jakarta, mulai 1-3 Desember 2023.
Foto: Dok PB ESI
Enam tim terbaik memperebutkan gelar juara di babak play-off Liga 1 Esports Nasional 2023 yang berlangsung di Mahaka Square, Jakarta, mulai 1-3 Desember 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Enam tim terbaik yang telah bertarung di Liga 1 Series akan melanjutkan persaingan memperebutkan gelar juara di babak play-off Liga 1 Esports Nasional 2023 yang berlangsung di Mahaka Square, Jakarta, mulai 1-3 Desember 2023. Adapun total hadiah yang ditawarkan di babak ini adalah sebesar Rp 2 miliar.

Keenam tim yakni Borneo FC Esport Samarinda, Onic Miracle Jakarta Selatan, Suber 24 Samarinda, Team Gryffin Badung, Pajajaran Esports Bogor, dan Pendekar Esports Jakarta Selatan. Mereka akan bersaing di nomor perlombaan Mobile Legends: Bang Bang.

"Babak play-off ini mempertandingkan enam tim terbaik dari seleksi total 25 ribu tim yang sudah berkompetisi dari Liga 3. Tujuannya adalah Liga Esports Nasional ini lebih terbuka dan tertata. Intinya memperbaiki kekurangan ekosistem esports Indonesia biar jauh lebih profesional, jauh lebih terbuka sehingga siapa pun bisa berprestasi dan mengharumkan nama bangsa di pentas dunia," kata ketua panitia pelaksana, Ricky Setiawan.

Ricky yang juga merupakan ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB ESI mengungkapkan sistem Liga Esports Nasional menggunakan sistem promosi dan degradasi dan enam tim teratas yang berada di seri Liga 1 akan bertanding di babak play-off Liga Esports Nasional.

"Sistem Liga Esports Nasional ini adalah sistem promosi dan degradasi, artinya ada yang promosi, ada yang degradasi itu dimulai dari Liga 3, jadi Liga 3 yang lulus promosi ke Liga 2, Liga 2 yang lulus promosi ke Liga 1 Series dari Liga 1 Series baru enam tim teratas masuk ke babak play off akan dilanjutkan juga di season berikutnya," ujar Ricky.

Dalam kompetisi sebelumnya, Ricky Setiawan mengatakan akan berkemungkinan memasukkan nomor kompetisi game lain selain Mobile Legends: Bang Bang dan juga akan menambah jumlah seri penyelenggara kota.

Seri Liga 1 sebelumnya telah digelar di empat kota yakni Palembang, Pontianak, Surabaya, dan Makassar. Dalam penyelenggaraan yang berlangsung di empat kota tersebut telah dihadiri ribuan penggemar dengan rata-rata 3.000 penonton yang menonton langsung ke venue.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement