Kamis 07 Dec 2023 08:40 WIB

Ekosistem Ekonomi Syariah Bagian Penting Mendorong Indonesia Emas 2045

Saat ini ekonomi dan keuangan syariah menunjukkan kinerja yang baik.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Yusuf Assidiq
Ekonomi syariah (ilustrasi)
Foto: aamslametrusydiana.blogspot.com
Ekonomi syariah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ekosistem ekonomi syariah yang di dalamnya termasuk keuangan syariah dan industri halal, dinilai harus menjadi bagian penting dalam mendorong dan mewujudkan aspirasi besar Indonesia Emas 2045. Hal itu diungkapkan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Teguh Dartanto.

 

Ia menilai saat ini ekonomi dan keuangan syariah menunjukkan kinerja yang baik kendati dihadapkan pada ketidakpastian ekonomi di tataran global atau pun nasional. Menurutnya, Indonesia harus mendorong akselerasi pencapaian visi sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah terkemuka di dunia.

 

 

"Tahun 2024 menjadi sebuah babak baru bagi Indonesia, terutama di tengah hiruk-pikuk atmosfer politik saat ini. Tetapi harus kita ingat bahwa pembangunan Indonesia harus semakin inklusif, resilien, berkelanjutan, dan menjunjung etika dan moral yang tinggi. Oleh karena itu, ekonomi dan keuangan syariah serta bisnis halal harus menjadi bagian penting dalam mendorong Indonesia Emas 2045,” ujarnya dalam seminar dan launching Indonesia Sharia Economic Outlook (ISEO) 2024, Rabu (6/12/2023).

 

FEB UI, lanjutnya berharap prinsip nilai-nilai ekonomi Islam dapat dipahami, diterapkan dan dirasakan secara menyeluruh. Pasalnya ekonomi Islam bersifat universal yaitu berkeadilan, kerja sama, kolaborasi, kebaikan, serta pembangunan yang seimbang dan berkelanjutan.

 

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. Wapres mengungkapkan masa depan bangsa Indonesia akan banyak dibentuk melalui transformasi penerapan inovasi dan teknologi tak terkecuali pada bidang ekonomi dan keuangan syariah.

Oleh sebab itu, Wapres mengharapkan peran perguruan tinggi dapat konsisten melahirkan gagasan dan inovasi, serta sumber daya manusia (SDM) unggul yang mengkreasi inovasi. Sehingga menghasilkan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah berbasis teknologi dan inovasi terkini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement