Senin 11 Dec 2023 06:32 WIB

Jelang Debat Perdana, Gibran: Siap Aja Sih

Debat perdana akan digelar di kantor KPU RI pada Selasa (12/12/2023).

Rep: Febryan A/ Red: Yusuf Assidiq
Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, mengaku sudah siap untuk mengikuti debat perdana antarkandidat Pilpres 2024. Di sisi lain, capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, mengaku masih melakukan persiapan.

"Ya, siap aja sih saya. Makasih ya," kata Gibran kepada wartawan usai acara konsolidasi pemenang Prabowo-Gibran di Bogor, Jawa Barat, Ahad (10/12/2023).

Debat perdana akan digelar di kantor KPU RI pada Selasa (12/12/2023). Tema debat adalah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Gibran mengaku tak merasa berat atau kesulitan dengan isu hukum dan HAM. "Nggak juga, ya," kata putra sulung Presiden Jokowi itu ketika ditanya apakah merasa kesulitan dengan isu hukum dan HAM.

Debat perdana sebenarnya merupakan ajang adu gagasan antarcapres. Cawapres hanya menjadi pendamping. Cawapres boleh memberikan masukan kepada capres, tapi tak boleh ikut berbicara.

Adapun Prabowo menyebut dirinya akan mempersiapkan diri untuk mengikuti debat perdana. "Insya Allah kita persiapan, insya Allah," ujarnya dalam kesempatan sama.

Ketua Umum Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani mengatakan, Prabowo sudah berpengalaman ikut debat sejak Pilpres 2009. Karena itu, Prabowo tidak melakukan persiapan khusus.

Prabowo hanya memperbaharui informasi yang relevan dengan tema debat perdana Pilpres 2024. "Updating aja, refreshing aja, apa yang selama ini perlu dikembangkan, kita antisipasi," ujarnya, juga di Bogor.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement