Selasa 19 Dec 2023 15:05 WIB

Objek Wisata di Yogyakarta Siap Hadapi Lonjakan Wisatawan Saat Nataru

Mitigasi objek wisata dalam menerima lonjakan wisatawan terbilang bagus.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Burung Kakaktua di Gembira Loka Zoo, Yogyakarta (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Burung Kakaktua di Gembira Loka Zoo, Yogyakarta (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Objek wisata di Kota Yogyakarta siap menghadapi lonjakan wisatawan selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Untuk memastikan kesiapan ini, dilakukan pengecekan di sejumlah objek wisata oleh Pemerintah Kota Yogyakarta.  

Seperti pengecekan yang dilakukan di Gembira Loka Zoo, XT Square, hingga Galeria Mall, Senin (18/12/2023). "Ini untuk melihat persiapan destinasi wisata dalam menerima kunjungan wisatawan dalam jumlah banyak nanti," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogya, Wahyu Hendratmoko.

Baca Juga

Wahyu menuturkan bahwa pengecekan ini juga dilakukan untuk mencegah terjadinya risiko yang berkaitan dengan keselamatan wisatawan. Pasalnya, kunjungan wisatawan diperkirakan akan meningkat signifikan di Kota Yogyakarta selama libur Nataru.

"Pengecekan ini untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat maupun wisatawan sepanjang singgah di Kota Yogya," ucap Wahyu.

Dari pengecekan yang dilakukan, Wahyu menyebut bahwa mitigasi yang dilakukan oleh objek wisata dalam menerima lonjakan wisatawan terbilang cukup bagus. Seperti Gembira Loka Zoo yang dikatakan sudah siap menerima lonjakan wisatawan ini selama Nataru.

"GL (Gembira Loka) Zoo sudah cukup bagus dalam hal menerima kunjungan wisatawan dalam jumlah besar," ungkapnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo juga mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi libur Nataru. Salah satunya menyiapkan layanan kesehatan hingga tenaga medis untuk melayani warga maupun wisatawan.

"Tentunya akan kita siapkan betul, sama dengan rumah sakit dan puskesmas di Yogyakarta. Tenaga medis siap untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi warga Kota Yogyakarta maupun para wisatawan yang sedang liburan di Kota Yogyakarta," kata Singgih.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta juga sudah menyebut menyiapkan posko kesehatan selama libur Nataru 2024. Posko kesehatan ini untuk melayani warga maupun wisatawan selama Nataru.

Posko ini disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan yang masuk ke Kota Yogyakarta, terutama saat pergantian malam Tahun Baru. Kepala Bidang Pelayanan kesehatan Dinkes Kota Yogyakarta, Waryono mengatakan, posko akan disiapkan di kawasan Tugu, Malioboro, Keraton (Gumaton).

"Layanan posko kesehatan selama Nataru (disiapkan) di Gumaton, kita bekerja sama dengan rumah sakit di Kota Yogya untuk memberikan pelayanan," kata Waryono.

Waryono menuturkan bahwa posko tersebut dapat melayani warga maupun wisatawan sejak 23 Desember hingga 2 Januari 2023. Selama libur Nataru, fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di Kota Yogyakarta juga tetap beroperasi. "Untuk puskesmas di hari libur (tetap) ada piket petugas," ucap Waryono.

Selain itu, juga disiagakan layanan Public Safety Center (PSC) 119 Yogya Emergency Service (YES). Layanan PSC 119 YES ini merupakan layanan kegawatdaruratan yang bisa melayani setiap hari jika ada kejadian di wilayah Kota Yogyakarta.

Bahkan, pelayanannya pun akan ditanggung oleh Pemkot Yogyakarta selama 24 jam pertama sejak pelaporan. "Kalau tidak ada asuransi, selama 24 jam pertama biaya ditanggung Pemkot Yogyakarta melalui jaminan kesehatan daerah," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement