Sabtu 23 Dec 2023 22:42 WIB

Direskrimsus Polda Jambi Bambang Yugo Jadi Lulusan Tercepat Doktor di UMS

Ia lulus dengan IPK 3,77.

Rep: C02/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Bambang Yugo Pamungkas (kanan).
Foto: AP Photo/Firdia Lisnawati
Bambang Yugo Pamungkas (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Direktur Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi, Dr., Bambang Yugo Pamungkas, menjadi salah satu wisudawan yang mengikuti Sidang Terbuka Senat Universitas Muhammadiyah Solo (UMS) Upacara Wisuda, Program Sarjana (S1), Program Magister (S2), Program Doktor (S3) Periode II Tahun Akademik 2023/2024.

Bambang sendiri selama ini mengenyam Pendidikan Doktoral Ilmu Hukum di UMS yang lulus dengan IPK 3,77.  Ia sekaligus menjadi lulusan Tercepat Doktor dengan masa studi hanya 2 tahun 1 bulan.

Baca Juga

“Di kampus ini saya belajar dua hal, pertama ilmu pengetahuan yang kedua mengenai akhlak. Dari pendidikan saya selama ini, baru UMS yang tidak hanya ilmu pengetahuan saja, tetapi juga akhlak,” kata Ditreskrimsus Polda Jambi itu Sabtu, (23/12/2023). 

Menurut dua, pembelajaran tentang komitmen, konsekuensi dan profesionalisme bersumber dari akhlak. Sehingga akhlak menjadi penting dalam pendidikan. 

“Banyak yang telah UMS berikan kepada saya, dan sampai kapan pun akan selalu ingat ilmu dan akhlak. Intinya jangan ragu kuliah di UMS, karena pasti akan mendapatkan ilmu dan akhlak,” katanya.

Bambang menyampaikan selama kuliah di UMS tidak ada kendala, rasa kekeluargaan sangat terasa di UMS. Sehingga berawal dengan bahagia dan berakhir dengan bahagia pula.

Sementara itu, Wakil Rektor I UMS Harun Joko Prayitno menyampaikan total ada 1.452 wisudawan. Mereka terdiri dari program Sarjana sebanyak 1.364, Magister sejumlah 78, dan Doktor berjumlah 10.

“Wisudawan yang lulus dengan jalur OBE (Outcome Based Education) atau lulus tanpa skripsi sejumlah 333 atau sebanyak 22,93%. Kemudian wisudawan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Cumlaude sebesar 430 lulusan. Hal ini menambah jumlah lulusan UMS sejak 65 tahun lalu menjadi 163.700, baik dari Program Diploma 3, Profesi, Magister dan Doktor,” katanya mengakhiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement