Sabtu 06 Jan 2024 21:41 WIB

Longsor Jalan di Karanganyar Timpa Rumah, Sejumlah Warga Terisolasi

Ada lima keluarga yang dilaporkan terisolasi akibat jalan longsor.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Irfan Fitrat
Longsor terjadi di wilayah Dusun Kutan RT 01/RW 06, Desa Tunggulrejo, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (6/1/2024).
Foto: Dok istimewa
Longsor terjadi di wilayah Dusun Kutan RT 01/RW 06, Desa Tunggulrejo, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (6/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, KARANGANYAR — Bencana longsor terjadi di wilayah Dusun Kutan RT 01/RW 06, Desa Tunggulrejo, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (6/1/2024). Longsor jalan di dusun tersebut dilaporkan menimpa rumah dan memutus akses sejumlah warga. 

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar Hendro Prayitno mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Material longsor menimpa satu rumah warga. “Satu rumah, tepatnya milik Bu Sunarti. Itu mengenai dapur,” kata dia, Sabtu.

Baca Juga

Selain menimpa rumah, Hendro mengatakan, longsornya jalan itu mengakibatkan lima kepala keluarga (KK) terisolasi. “Jalannya itu longsor. Kemudian ada lima KK akses terputus,” ujar dia.

Menurut Hendro, pihaknya sudah berkoordinasi dengan aparat kewilayahan untuk membuat jalur darurat, sehingga lima KK itu bisa mengakses jalan besar.

“Rencana tadi sudah koordinasi dengan RT buatkan jalan baru di barat, ada akses naik, karena di sini (lokasi longsor) kan terlalu tinggi dan curam,” kata Hendro.

Ihwal warga yang rumahnya tertimpa longsoran, menurut Hendro, diungsikan sementara ke tetangga. Sebagai upaya antisipasi, kata dia, pihaknya menutup area jalan yang longsor dengan terpal.

“Tadi, asesmen kami BPBD dan relawan, sementara menutup dengan terpal di kemiringan jalan, sehingga ketika ada hujan kembali, longsor tidak menimpa rumah yang di bawahnya,” kata Hendro.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement