Ahad 07 Jan 2024 18:29 WIB

Putra Paku Alam X Menikah, Berikut Rangkaian Acara Dhaup Ageng Pakualaman 

Upacara Ijab akan dilangsungkan pada Rabu (10/1/2024) pagi di Masjid Agung Pakualaman

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
puro pakualam
Foto: antara
puro pakualam

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Putra kedua  KGPAA Paku Alam X dan GKBRAA Paku Alam, BPH Kusumo Kuntonugroho akan melangsungkan pernikahan dengan Laily Annisa Kusumastuti dengan menggunakan tata cara istana Pakualaman. Rangkaian acara pernikahan akan dilaksanakan mulai tanggal 7-11 Januari 2024 di Pura Pakualaman Yogyakarta. 

Prosesi Pasang Tarub dan Majang akan dilaksanakan pada Ahad (7/1/2023) pukul 10.00 WIB.  Pemasangan Tarub dilakukan di Tratag Kagungan Dalem (KD) Bangsal Sewatama, Tratag KD Kepel, KD Regol Danawara, KD Pawon Ageng, dan Tratag KD Bangsal Kepatihan. Blěkětepe dipasang di Tratag KD Bangsal Sewatama (dari barat ke timur). Adapun Majang dilaksanakan di KD Gedhong Ijem (Kamar Calon Pengantin Laki-Laki), KD Gedhong Purwaretna (papan upacara tampakaya), KD Kepatihan Gandhok Wetan (Kamar Calon Pengantin Putri).

Kemudian untuk proses Nyengker akan digelar pada Senin (8/1/2024) mulai pukul 11.00 WIB. Calon pengantin putri disěngkěr di KD Kepatihan Gandhok Wetan. Nyengker ‘pingit’ berlaku bagi calon pengantin perempuan sebelum dilaksanakan upacara siraman. 

Keesokan paginya, dilaksanakan Siraman putri di KD Kepatihan Gandhok Wetan dan Siraman kakung dilaksanakan di KD Gedhong Parangkarsa, Selasa (9/1/2024) pukul 10.30 WIB.  Kemudian pada Selasa malam akan dilaksanakan Tantingan sekitar pukul 18.30 WIB. Tantingan berasal dari kata tanting ‘ditanya kemantapan hatinya’. Tantingan untuk calon pengantin laki-laki maupun calon pengantin putri dilakukan pada jam yang sama, di tempat yang berbeda. Untuk calon pengantin laki-laki Tantingan akan dilakukan di KD Pracimasana, kemudian untuk calon pengantin putri akan dilaksanakan di KD Kepatihan. 

Usai Tantingan, calon pengantin putri menyiapkan diri untuk acara Midodareni di KD Bangsal Kepatihan mulai pukul 19.00. Digelarnya Acara Midodareni bertujuan untuk mempererat persaudaraan dan membicarakan hal-hal positif sebagai bekal berumah tangga.  Sementara itu, calon pengantin laki-laki menerima tamu yang sebagian besar adalah kerabat dan para sahabat dalam rangka menemani melepas masa lajangnya yang tinggal semalam dalam acara Tuguran mulai jam 21.00.  

Untuk Upacara Ijab akan dilangsungkan pada Rabu (10/1/2024) pagi di KD Masjid Agung Pakualaman sekitar pukul 08.30 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan Upacara Panggih pada pukul 10.30 WIB  di Tratag KD Bangsal Sewatama.

Kemudian Sungkeman akan dilangsungkan di KD Ageng Prabasuyasa yang  dilanjutkan acara resepsi (Pahargyan Hari Pertama) di KD Bangsal Sewatama mulai pukul 12.00. Tamu yang diundang dalam acara tersebut sebanyak 1.500 tamu. Acara diakhiri dengan Tampa Kaya atau Kacar-Kucur serta Dhahar Klimah. 

Sedangkan untuk Resepsi Hari Kedua akan berlangsung pada Kamis (11/1/2024) mulai pukul 18.30 di KD Bangsal Sewatama dengan tamu undangan sejumlah 4.000 tamu.  Rangkaian acara Dhaup Agěng diakhiri dengan pamitan dan Kondur besan pada Jumat (12/1/2024). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement