Senin 15 Jan 2024 10:52 WIB

Perkuat Literasi Syariah, Bank Muamalat Gandeng UNS dan UNY

Hingga akhir 2023, Muamalat telah jalin kerja sama payroll 53 perguruan tinggi.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Fernan Rahadi
 Logo besar Bank Muamalat terpasang di Muamalat tower, Kuningan, Jakarta, Ahad (4/6).
Foto: Republika/Prayogi
Logo besar Bank Muamalat terpasang di Muamalat tower, Kuningan, Jakarta, Ahad (4/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Muamalat  menjalin kerja sama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam lingkup pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pemanfaatan produk perbankan syariah. Direktur Utama Bank Muamalat Indra Falatehan mengatakan, link and match antara dunia pendidikan dan dunia industri sangat diperlukan.

Oleh karena itu, kerja sama dengan dua perguruan tinggi tersebut diharapkan dapat menciptakan simbiosis mutualisme di mana masing-masing pihak dapat saling berbagi manfaat sesuai kompetensi masing-masing. 

"Sebagai bank pertama murni syariah di Tanah Air tentunya kami terus menggaungkan mengenai literasi perbankan syariah di lingkup kampus. Sebab harus diakui bahwa pemahaman masyarakat khususnya anak muda tentang perbankan syariah masih harus ditingkatkan lagi. Selain itu, Bank Muamalat dan pihak kampus juga dapat berkolaborasi dalam hal riset serta pengembangan sumber daya manusia," ujarnya dalam keterangan, Senin (15/1/2024).

Sebagai informasi, hingga akhir 2023 Bank Muamalat telah menjalin kerja sama payroll dengan 53 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Selain payroll, Bank Muamalat juga menawarkan pihak universitas layanan Cash Management System (CMS) Madina di mana fiturnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan administrasi dan transaksi nasabah.

"Ke depannya, akan lebih banyak lagi perguruan tinggi yang akan kami gandeng seiring dengan gencarnya ekspansi bisnis Bank Muamalat di tahun 2024," kata Indra.

Dengan adanya kerja sama ini, Bank Muamalat berkesempatan menjadi salah satu bank yang mengelola pembayaran gaji (payroll), dana wakaf dan dana unit usaha di UNS dan UNY. Civitas academica kedua universitas juga memiliki kesempatan untuk memanfaatkan produk perbankan Bank Muamalat seperti pembiayaan multiguna dan kepemilikan perumahan.

Selain itu, Bank Muamalat juga menawarkan pemanfaatan produk perbankan lainnya seperti tabungan, giro dan deposito bagi pegawai dan mahasiswa, serta pemanfaatan layanan pembayaran akademik dan CMS. 

Bank Muamalat juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa kedua universitas untuk mengikuti program magang melalui program Muamalat Indonesia Kompeten (MIKO). MIKO merupakan program magang yang memberikan kesempatan kepada para mahasiswa tingkat akhir untuk belajar dan bekerja di Bank Muamalat. 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement