Senin 15 Jan 2024 20:50 WIB

Kerja Pasang Jendela, Buruh di Wonosobo Tersengat Listrik, Alami Luka Bakar

Polisi membantu mengevakuasi buruh yang tersengat listrik itu.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Tersengat listrik.
Foto: pixabay
(ILUSTRASI) Tersengat listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, WONOSOBO — Seorang warga dilaporkan tersengat listrik saat tengah bekerja memasang jendela di ruko salah satu bengkel wilayah Mulyosari, Kertek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Senin (15/1/2024). Personel kepolisian membantu mengevakuasi buruh yang tersetrum itu.

Kepala Polsek (Kapolsek) Kertek AKP Sutono mengatakan, korban bernama Abdul Musholib (36 tahun), warga Bejiarum, seorang buruh yang sedang memasang jendela aluminium di ruko tersebut. Berdasarkan keterangan saksi di lokasi kejadian, Abdul yang tengah bekerja memasang jendela berusaha memindahkan kabel stop kontak yang masih mengalirkan listrik.

Baca Juga

Tiba-tiba kabel tersebut menyentuh kabel tegangan tinggi yang berada di dekatnya. Akibat kontak tersebut, Abdul dikabarkan tersengat listrik dan mengalami luka bakar di sekitar tangan kanan dan badan sebelah kanan. Diperkirakan luka bakar itu sekitar 25 persen dari tubuhnya.

Personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) yang sedang mengatur lalu lintas di sekitar lokasi kejadian segera membantu mengevakuasi korban bersama warga. Mendapat laporan kejadian itu, jajaran Polsek Kertek pun bergerak ke lokasi untuk membantu upaya evakuasi.

Kapolsek mengatakan, saat dievakuasi, korban dalam keadaan sadar, namun mengalami luka serius. “Korban langsung kami bawa ke RS PKU Muhammadiyah Wonosobo untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut,” ujar dia, Senin.

Polisi mengecek lokasi kejadian. Berkaca dari kejadian itu, Kapolsek mengingatkan soal pentingnya keselamatan kerja. “Insiden ini menjadi peringatan akan pentingnya keselamatan kerja, terutama saat berinteraksi dengan peralatan listrik, khususnya di sektor konstruksi, untuk selalu memperhatikan protokol keselamatan kerja. Insiden ini juga menjadi sorotan akan pentingnya edukasi keselamatan kerja bagi para pekerja di lapangan,” kata Kapolsek.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement