Senin 15 Jan 2024 15:29 WIB

Ada Satu Kasus Positif Polio, Ribuan Anak di Manisrenggo Klaten Divaksin

Total ada 127.183 anak yang menjadi sasaran vaksinasi polio di Klaten.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Irfan Fitrat
Seorang anak menjalani vaksinasi polio di Desa Tanjungsari, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Senin (15/1/2024).
Foto: Republika/Alfian Choir
Seorang anak menjalani vaksinasi polio di Desa Tanjungsari, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Senin (15/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, KLATEN — Ribuan anak di wilayah Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menjadi sasaran vaksinasi polio. Vaksinasi secara massal dilakukan setelah adanya satu anak yang dinyatakan positif polio di Manisrenggo.

Vaksinasi polio serentak di Kabupaten Klaten dimulai Senin (15/1/2024). Di antaranya di Desa Tanjungsari, Kecamatan Manisrenggo. “Hari ini kami laksanakan serentak vaksinasi (di Kabupaten Klaten). Dipilih di sini (Desa Tanjungsari) karena kasus kan ada di Manisrenggo, biar masyarakat di sini kondusif,” kata Bupati Klaten Sri Mulyani, Senin.

Baca Juga

Bupati mengatakan, secara keseluruhan di Kabupaten Klaten vaksinasi polio ini menyasar 127.183 anak, tersebar di 20 kecamatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Klaten Anggit Budiarto mengatakan, khusus di wilayah Kecamatan Manisrenggo ada 4.622 anak yang menjadi sasaran vaksinasi polio.

Adapun di Desa Tanjungsari sasarannya 250 anak. “Sasaran dari usia nol-tujuh tahun atau 12 bulan 10 hari sebelum usia delapan tahun,” ujar Anggit.

Menurut Anggit, vaksinasi ini merupakan upaya untuk memutus rantai penyakit polio. Ia mengatakan, vaksinasi pun dilakukan serentak di daerah lainnya. “Satu-satunya untuk memutus rantai adalah vaksinasi serentak. Dilaksanakan di Jatim (Jawa Timur), Jateng (Jawa Tengah), dan Sleman untuk memutus rantai penularan,” kata dia.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement