Selasa 23 Jan 2024 02:52 WIB

Didatangi Capres, Termasuk Prabowo, Sri Sultan HB X Disebut Tetap Netral

Sri Sultan disebut terbuka menerima kunjungan para capres-cawapres.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Irfan Fitrat
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan keterangan pers, didampingi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, setelah melakukan pertemuan di Kantor Gubernur DIY, Senin (22/1/2024).
Foto: Republiika/Silvy Dian Setiawan
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan keterangan pers, didampingi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, setelah melakukan pertemuan di Kantor Gubernur DIY, Senin (22/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Pasangan calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sowan ke Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, Senin (22/1/2024). Kedatangan capres-cawapres ini disebut tak akan memengaruhi netralitas gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam Pemilu 2024.

Klaim itu disampaikan Koordinator Substansi Hubungan Masyarakat Biro Umum, Hubungan Masyarakat, dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda) DIY Ditya Nanaryo Aji. 

Baca Juga

“Ini bukan yang pertama. Desember (2023) kemarin capres nomor urut 3 (Ganjar Pranowo) juga sowan. Bahkan di Pilpres 2019 lalu pun juga kedua capres sowan. Tidak ada masalah. Tetap diterima. (Sri Sultan) Tetap netral,” kata Ditya di kompleks Kantor Gubernur DIY, Kota Yogyakarta, Senin (22/1/2024).

Ditya mengatakan, bukan tak mungkin nanti capres nomor urut 1 Anies Baswedan juga akan mengunjungi Sri Sultan. Menurut dia, hal wajar ketika capres-cawapres mengunjungi Sri Sultan.

“Beliau ini kan terhitung dituakan di Indonesia, wajar kalau banyak yang ingin bertemu untuk minta wejangan, termasuk pasangan capres-cawapres,” ujar Ditya.

Ditya meyakini Sri Sultan akan menerima dengan tangan terbuka jika ada capres atau cawapres yang ingin berkunjung atau bertemu. Menurut dia, Sri Sultan tidak mempermasalahkan kunjungan-kunjungan tersebut karena gubernur DIY itu tetap menjaga netralitas.

“Sikap netral ini menjadi dasar bagi Gubernur DIY untuk dengan tangan terbuka menerima kunjungan dari para capres-cawapres,” kata Ditya.

Dapat wejangan

Selepas bertemu dengan Sri Sultan, Prabowo Subianto menyampaikan terima kasih karena sudah diterima dengan baik. Ia mengaku sowan, sekalian meminta izin untuk melaksanakan kegiatan kampanye di wilayah DIY.

“Kami berterima kasih dapat diterima oleh Ngarso Dalem (Sri Sultan) dalam keadaan yang baik. Kami mohon waktu tadi, hanya sowan, melaporkan, minta izin masuk ke daerah lah,” ujar Prabowo.

Pertemuan Prabowo-Gibran dan Sri Sultan berlangsung tertutup di Gedhong Wilis, kompleks Kantor Gubernur DIY, Kota Yogyakarta. Prabowo mengaku ada banyak hal yang dibicarakan bersama Sri Sultan. Ia pun mengaku mendapat wejangan dari sosok yang merupakan raja Yogyakarta itu.

“Dapat juga tadi pandangan-pandangan beliau tentang beberapa masalah, terutama juga masalah masa depan, masalah teknologi, dan sebagainya. Beliau kasih wejangan-wejangan yang kami terima, juga minta pandangan-pandangan beliau tentang beberapa hal,” ujar Prabowo.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement