Rabu 24 Jan 2024 10:38 WIB

Hujan Lebat Berpotensi Terjadi di DIY Siang Hingga Malam Ini

Hujan dengan intensitas sedang-lebat diprediksi terjadi pada malam hari.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Musim hujan (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Musim hujan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi (Stamet) YIA memprediksi hari ini DIY akan kembali diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Diperkirakan kondisi cuaca ini akan berlangsung pada siang hingga malam hari. 

BMKG Stamet YIA menyebut bahwa pada siang hingga sore hari potensi hujan sedang-lebat dapat terjadi di Kota Yogyakarta, Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, dan kabupaten Gunungkidul bagian utara. 

Sedangkan, pada malam hari diperkirakan Kota Yogyakarta, Kabupaten Kulonprogo, dan Kabupaten Bantul diguyur hujan dengan intensitas sedang-lebat. 

"Potensi hujan ringan juga dapat terjadi pada malam hari di Sleman dan Gunungkidul bagian utara," kata BMKG Stamet YIA. 

Untuk itu, masyarakat diminta mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat pada Rabu (24/1/2024) ini. Terutama daerah-daerah yang berpotensi terjadi hujan. 

"Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di Kota Yogyakarta, Kulonprogo, Bantul, Sleman, dan Gunungkidul bagian utara," ucap BMKG Stamet YIA. 

Terkait dengan gelombang laut di perairan selatan DIY, diperkirakan tidak terjadi gelombang tinggi. BMKG Stamet YIA memprediksi bahwa tinggi gelombang di perairan selatan berkisar antara 1,25 meter hingga 2,5 meter. 

"Tinggi gelombang di perairan Yogyakarta masuk kategori sedang," ungkap BMKG Stamet YIA. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement