Selasa 30 Jan 2024 23:57 WIB

Pemkab Jember Mulai Salurkan Bantuan Pangan Beras

Penyaluran bantuan beras dari pemerintah pusat itu dilakukan secara bertahap.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Warga mengambil bantuan beras.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
(ILUSTRASI) Warga mengambil bantuan beras.

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Jawa Timur, mulai menyalurkan bantuan pangan berupa beras tahun ini. Bantuan dari cadangan pangan pemerintah itu disebut ditujukan untuk sekitar 220 ribu keluarga penerima manfaat (KPM).

Bupati Jember Hendy Siswanto menjelaskan, bantuan pangan beras itu dari pemerintah pusat. Pemkab Jember disebut hanya menyediakan data calon penerima bantuan dan melakukan penyaluran. Menurut dia, penerima bantuan itu sudah divalidasi oleh Kementerian Sosial, berkolaborasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Jember.

KPM sasaran program tersebut akan mendapatkan bantuan beras masing-masing 10 kilogram. “Bantuan pangan tersebut disalurkan secara bertahap, mulai Januari hingga Juni. Hari ini disalurkan untuk warga penerima manfaat di Kecamatan Kaliwates dan Balung,” ujar Bupati, Selasa (30/1/2024).

Bupati bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jember secara simbolis memberangkatkan lima truk yang membawa bantuan beras dari gudang Bulog Kertosari, Kecamatan Pakusari. Sebelum disalurkan, Bupati bersama unsur Forkopimda melihat langsung kualitas dan kelayakan beras bantuan itu.

Bupati juga sempat melihat langsung penyaluran bantuan beras itu di Kelurahan Tegal Besar dan Kelurahan Kaliwates. Kepala Bulog Jember Muhammad Ade Saputra mengatakan, pihaknya menyiapkan sebanyak 2.206,6 ton beras untuk bantuan pangan 2024, yang akan disalurkan kepada 220.696 KPM.

“Tahap pertama alokasinya pada bulan Januari hingga Maret 2024. Kemudian tahap kedua akan dimulai pada April hingga Juni 2024,” kata Ade.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement