Ahad 04 Feb 2024 23:39 WIB

Uji Coba Bandara Dhoho Kediri, Masyarakat Bisa Berkunjung

Masyarakat bisa mengunjungi area Bandara Dhoho sampai pukul 17.00 WIB.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Suasana Bandara Internasional Dhoho di Kediri, Jawa Timur.
Foto: ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
(ILUSTRASI) Suasana Bandara Internasional Dhoho di Kediri, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI — PT Angkasa Pura (AP) I melakukan uji coba operasional Bandara Dhoho. Area bandara yang ada di Kediri, Jawa Timur, itu dibuka untuk masyarakat umum. 

General Manager PT AP I Bandara Dhoho, I Nyoman Noer Rohim, menjelaskan, area yang dibuka untuk masyarakat umum itu terbatas pada sisi luar terminal penumpang. “Dalam uji coba ini masyarakat dapat mengunjungi bandara sampai pukul 17.00 WIB. Kami mengimbau pengunjung dapat menjaga kebersihan dan ketertiban Bandar Udara Dhoho untuk kenyamanan bersama,” ujar dia, dalam rilisnya, Ahad (4/2/2024).

Baca Juga

Menurut Nyoman, masyarakat yang berkunjung saat masa uji coba ini hanya cukup membayar tarif parkir. Untuk kendaraan roda dua tarifnya Rp 4.000 dan kendaraan roda empat Rp 10 ribu. Sementara tarif untuk kendaraan di atas roda empat dikenakan tarif Rp 15 ribu. Kendaraan bisa diparkir di area sekitar 37.108 meter persegi yang ada di kawasan bandara.

Nyoman menyebut belum ada batasan sampai kapan uji coba operasional bandara yang dibuka untuk masyarakat umum ini. Ia pun belum memastikan kapan peresmian Bandara Dhoho. Menurut dia, untuk peresmian masih menunggu koordinasi lebih lanjut. “Nanti kami update,” ujar dia.

Pada awal Januari 2024, PT AP I sempat melakukan simulasi operasional terminal penumpang Bandara Dhoho. Simulasi tersebut melibatkan ratusan orang. Baik itu penumpang, petugas parkir, petugas aviation securitycustomer service, dan petugas ground handling.

Simulasi dimulai dengan perjalanan penumpang dari Kabupaten Kediri dan Kota Kediri menuju terminal penumpang. Hal itu untuk percobaan transportasi darat. Kemudian dilakukan simulasi pemeriksaan bagasi pertama dan terakhir, alur kedatangan dan keberangkatan penumpang, alur barang di terminal, serta alur kendaraan di area sisi darat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement