Senin 04 Mar 2024 13:57 WIB

Anggota DPRD DIY Minta tak Ada Sweeping Rumah Makan Saat Ramadhan

Masyarakat diimbau saling menghormati saat bulan Ramadhan.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto.
Foto: Republika/Neni Ridarineni
Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Anggota DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Eko Suwanto mengharapkan situasi DIY tetap aman dan kondusif saat bulan Ramadhan. Eko mengimbau warga yang berpuasa dan tidak berpuasa untuk saling menghormati. 

Untuk itu, Eko meminta tidak ada aksi sweeping terhadap rumah makan saat bulan puasa nanti. “Tidak boleh ada sweeping rumah makan. Yang berpuasa menghormati yang tidak puasa, yang tidak berpuasa juga menghormati yang puasa,” ujar Eko, yang merupakan ketua Komisi A DPRD DIY itu di Yogyakarta, Senin (4/3/2024).

Baca Juga

Eko berharap masyarakat tetap menjaga situasi aman dan kondusif. Aparat kepolisian beserta Jaga Warga di lima kabupaten/kota wilayah DIY pun diharapkan dapat terus menjaga situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), dengan menggunakan kearifan lokal. “Ramadhan ini adalah momentum aman lahir batin,” kata dia.

Pada bulan Ramadhan nanti, Eko mengatakan, selain ibadah ritual, masyarakat seyogianya dapat memupuk toleransi, serta menguatkan solidaritas dengan saling membantu sesama. “Saling tolong-menolong antara yang mampu secara ekonomi dan yang tidak mampu. Yang kecukupan dan kurang kecukupan agar saling membantu,” ujar dia.

 

Menurut Eko, praktik toleransi dan tenggang rasa penting untuk terus dijaga di DIY. Hal ini juga disebut turut mendukung DIY sebagai tujuan wisata. “Tentunya, ketika Yogyakarta ini aman, nyaman, maka wisatawan juga senang,” kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement